Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecepatan Internet Operator Seluler, Siapa Jawaranya?

Berikut operator seluler dengan kecepatan internet tertinggi pada kuartal III/2021 berdasarkan laporan Speedtest® oleh Ookla®.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 21 Oktober 2021  |  16:25 WIB
Kecepatan Internet Operator Seluler, Siapa Jawaranya?
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). - Antara/Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Speedtest® oleh Ookla®, situs pengujian kecepatan dan kinerja koneksi internet, melaporkan bahwa PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tercatat sebagai operator seluler dengan skor kecepatan internet tertinggi pada kuartal III/2021.

Sementara itu PT Hutchison 3 Indonesia menempati urutan paling bawah urusan kecepatan internet. 

Dalam laporannya, Speedtest mengungkapkan skor kecepatan atau speed score Telkomsel pada kuartal III/2021 mencapai 30.49. Telkomsel, naik 2,47 dibandingkan dengan kuartal II/2021. 

Telkomsel dibayangi oleh Indosat dengan skor kecepatan 25.68. skor kecepatan Indosat turun 0,7 dibandingkan dengan kuartal II/2021. 

XL Axiata dan Smartfren menempati urutan ketiga dan keempat, masing-masing memiliki skor kecepatan 23.93 dan 19.03. Keduanya mencatatkan pertumbuhan skor kecepatan secara kuartal. 

Sementara itu Tri Indonesia berada di posisi paling bawah dengan skor kecepatan 15.52. skor kecepatan Tri turun 0,19 secara kuartal. 

Sekadar informasi, skor kecepatan adalah rentang kecepatan yang ditawarkan penyedia layanan seluler dalam satu metrik. skor kecepatan menggabungkan ukuran kecepatan unduh dan unggah setiap penyedia untuk menentukan peringkat kinerja jaringan. 

Sebanyak 90 persen dari skor kecepatan akhir dikaitkan dengan kecepatan unduhan dan 10 persen sisanya untuk kecepatan unggah, karena pengalaman online biasanya lebih dipengaruhi oleh kecepatan unduhan. 

Skor kecepatan menggunakan trimean yang dimodifikasi untuk menggabungkan kecepatan dari persentil ke-10, persentil ke-50 dan persentil ke-90 dalam rata-rata tertimbang masing-masing menggunakan rasio 1:8:1. 

“Kami sangat menekankan pada kecepatan rata-rata karena itu mewakili apa yang akan dialami sebagian besar pelanggan penyedia jaringan setiap hari,” tulis laporan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata internet telkomsel 3 Indonesia
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top