TikTok Jadi Aplikasi dengan Pendapatan Tertinggi pada Kuartal III/2021

Denis Riantiza Meilanova
Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:41 WIB
TikTok Shop/Pixabay
TikTok Shop/Pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Belanja pengguna ponsel pintar untuk aplikasi, pembelian dalam aplikasi, dan langganan di Google Play Store dan Apple App Store secara kolektif mencapai US$33,6 miliar sepanjang Juli-September 2021. 

Nilai tersebut meningkat sebesar 15,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai US$29,2 miliar.  Tetapi, kenaikan tersebut melambat dibandingkan kenaikan pada kuartal yang sama tahun lalu yang melonjak 32 persen.

Berdasarkan data perusahaan analitik Sensor Tower, dilansir dari laman GSMArena, Sabtu (2/10/2021), Apple store masih mencatatkan pendapatan paling banyak, yakni mencapai US$21,5 miliar pada kuartal III/2021 atau naik 13,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Platform Google mengejar dengan mencatatkan pendapatan senilai US$12,1 miliar atau naik 18,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, menurut Sensor Tower, TikTok menjadi aplikasi dengan penghasilan tertinggi secara global di kedua app store sepanjang kuartal III/2021. Baru-baru ini, pemasangan aplikasi TikTok mencapai 3 miliar total pemasangan sehingga membuatnya menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya.

TikTok adalah aplikasi teratas di Apple store, tetapi tidak di Google Play Store.  Terdapat aplikasi Google One milik raksasa pencarian itu yang menempati posisi pertama berkat langganan untuk layanan penyimpanan cloud. Tetapi, secara keseluruhan, Google One berada di posisi keempat.

Adapun, secara keseluruhan, Piccoma naik ke posisi kedua pendapatan tertinggi dengan pertumbuhan 130 persen. Disusul oleh YouTube pada posisi ketiga dan Disney+ pada posisi kelima.

Sementara itu, gim seluler juga memanas dengan belanja pengguna mencapai US$22,4 miliar atau naik 7,7 persen dibandingkan kuartal III/2020. Sebagian besar belanja dihabiskan di Google Play Store yang mencapai US$13,1 miliar dan iOS US$9,3 miliar.

Seperti pada kuartal sebelumnya, gim seluler teratas adalah PUBG Mobile Tencent yang telah mengumpulkan pendapatan seumur hidup lebih dari US$5 miliar (termasuk Game for Peace, versi game Cina).

Game Tencent lainnya, Honor of Kings, berada di posisi kedua, diikuti oleh Genshin Impact. Genshin mungkin baru berusia 1 tahun, tetapi sudah memiliki pengeluaran konsumen senilai $2 miliar. Pokemon Go masih populer dan berada di urutan keempat, dan Roblox melengkapi posisi lima besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper