Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Getaran Sepeda Motor Bisa Merusak Kamera iPhone, Ini Penjelasan Apple!

Apple menyebut getaran tinggi, termasuk diantaranya adalah getaran yang dihasilkan dari mesin sepeda motor bertenaga besar akan mengganggu kinerja kamera iPhone. Simak penjelasan selengkapnya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 13 September 2021  |  10:16 WIB
iPhone X - Antara
iPhone X - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Apple memperingatkan bahwa kinerja sistem kamera iPhone berpotensi menurun akibat getaran yang dihasilkan oleh sepeda motor.

Apple menyebut getaran tinggi, termasuk diantaranya adalah getaran yang dihasilkan dari mesin sepeda motor bertenaga besar akan mengganggu kinerja Optical Image Stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF).

"iPhone Anda dalam getaran amplitudo tinggi dan dalam rentan frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor bertenaga besar dapat menurunkan kinerja sistem kamera," demikian pernyataan resmi Apple dalam laman bantuan dikutip Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut, Apple menjelaskan bahwa getaran tinggi dapat merusak gryoscope dan magnet pada OIS serta closed-loop AF. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak pada kualitas foto dan video yang dihasilkan.

Apple menyarankan pengguna tidak langsung menempelkan iPhone miliknya ke sepeda motor, terutama di bagian stang dan chasis. Seperti diketahui, saat ini banyak pengguna yang melakukan hal tersebut dengan bantuan phone holder atau braket khusus.

Selain itu, alangkah lebih baiknya juga pengguna sebisa mungkin mengurangi paparan getaran kendaraan ke iPhone milik mereka. Apabila terpaksa, casing peredam getaran bisa dijadikan solusi.

Sebagai catatan, OIS merupakan teknologi kamera yang berfungsi untuk menghasilkan gambar mulus atau tidak kabur walaupun penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone yang keluar setelah iPhone 6.

Sementara itu, closed-loop AF berfungsi untuk menetapkan dokus pada subyek foto tidak bergerak. Demikian halnya untuk video dan pengambilan gambar panorama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple iphone
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top