Fakta-fakta Gempa Magnitudo 7,1 di Filipina yang Dirasakan Hingga ke Indonesia

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 Agustus 2021 | 09:40 WIB
Gempa Filipina
Gempa Filipina
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wilayah Davao di Flipina hingga Kepulauan Talaud di wilayah paling utara Indonesia diguncang gempa tektonik magnitudo 7,1 pada hari Kamis, 12 Agustus 2021 pagi dini hari pukul 00.46.15 WIB.

Gempa ini terasa hingga ke Indonesia.

Menurut Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono, berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Davao Filipina M7,1 tidak berpotensi tsunami, hal ini disebabkan karena kedalamannya yang relatif dalam untuk dapat memicu terjadinya gangguan kolom air laut dan memicu tsunami.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Filipina M7,1 tersebut. Jika memang tidak ada dampak kerusakan adalah wajar, karena jarak pusat gempa ke daratan wilayah daratan Filipina cukup jauh sekitar 80 kilometer.

Menurut data BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 7,1, terjadi pada 12 Agustus 2021 pukul 00:46:17 WIB, dengan lokasi 6.41 LU, 126.74 BT.

Pusat gempa berada di laut 267 km TimurLaut Melonguane dengan kedalaman 51 kilometer. Gempa ini dirasakan (MMI) IV Talaud, II - III Sangihe, II - III Bitung.

Berikut fakta-fakta itu dikutip dari laman instagram Daryono :

1. Pusat gempa ini terletak pada koordinat 6,45° Lintang Utara dan 126,73° Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 63 kilometer timur Pondaguitan, Filipina atau pada jarak 270 kilometer Utara Melonguane, Kepulauan Talaud, Indonesia, dengan kedalaman 44 kilometer.

2. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Filipina di zona megathrust.

3. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault) yang merupakan ciri khas mekanisme sumber gempa di zona tumbukan lempeng di zona megathrust.

4. Guncangan gempa ini dirasakan sangat kuat di wilayah Davao Filipina mencapai skala intensitas V-VI MMI yang berpotensi merusak. Sementara itu gempa juga dan dirasakan kuat di wilayah Indonesia khususnya di Kepulauan Talaud dalam skala intensitas III-IV MMI dimana guncangan dirasakan oleh orang banyak. Gempa juga dirasakan di Sangihe dan Bitung dalam intensitas II - III MMI.

5. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Jika memang tidak ada dampak kerusakan adalah wajar, karena jarak pusat gempa ke daratan wilayah daratan Filipina cukup jauh sekitar 80 kilometer.

6. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami, hal ini disebabkan karena kedalamannya yang relatif dalam untuk dapat memicu terjadinya gangguan kolom air laut dan memicu tsunami.

7. Hingga pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG baru terjadi 8 kali gempa susulan (aftershock) dengan Magnitudo minimum gempa susulan M 4.1 dan magnitudo Maksimum gempa susulan M 5.3.

8. Catatan sejarah gempa besar di zona Tunjaman Lempeng Laut Filipina cukup banyak. Ini menunjukkan di wilayah tersebut sudah sering terjadi gempa besar dan merusak pada masa lalu, yaitu:
-Gempa merusak Kepulauan Talaud 23 Oktober 1914 (M 7,4).
-Gempa merusak Davao 14 April 1924 (M 8,2)
-Gempa merusak Davao 25 Mei 1943 (M 7,6)
-Gempa merusak Halmahera 27 Maret 1949 (M 7,0).
-Gempa merusak Davao 19 Maret 1952 (M 7,7)
-Gempa merusak Kepulauan Talaud 24 September 1957 (M 7,2).
-Gempa merusak Halmahera Utara dan Morotai 8 September 1966 (M 7,7).
-Gempa merusak Kepulauan Talaud 30 Januari 1969 (M 7,6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper