Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dijual, Ini Harganya

Surat lamaran kerja Steve Jobs dijual dengan harga yang fantastis yakni mencapai $343.000.
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 02 Agustus 2021  |  12:55 WIB
Surat lamaran kerja Steve Jobs dijual. - appleinsider
Surat lamaran kerja Steve Jobs dijual. - appleinsider

Bisnis.com, JAKARTA - Surat lamaran pekerjaan milik mendiang Steve Jobs, pendiri Apple berhasil terjual seharga US$343.000 atau setara dengan Rp4,9 Miliar di acara pelelangan yang dilaksanakan di akhir pekan lalu. 

Surat Lamaran yang dibuat Steve Jobs pada tahun 1973 itu terdiri dari dua versi yakni kertas dan digital. Dokumen kertas menghasilkan lebih banyak tawaran daripada versi digital yang juga dijual sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan. 

Melansir dari appleinsider.com, versi digital yakni NFT berhasil terjual dengan harga US$23.000, menurut website yang dikelola oleh penyelenggara lelang Olly Joshi. 

Ketika Joshi mendaftarkan item tersebut di awal bulan ini, dia memposisikan versi NFT sebagai eksperimen.

“Apakah ini akan membuka pasar baru untuk koleksi terdesentralisasi? Akankah ini memperkuat status-quo? Atau bisakah kita melihat jalan buntu dengan pemahaman baru bahwa keduanya dapat hidup berdampingan dan bahkan saling melengkapi saat kita melintasi 50 tahun inovasi ke depan?,” kata Joshi yang dikutip Bisnis.com pada Senin, (02/08). 

Surat lamaran Steve Jobs telah menerima tawaran harga selama bertahun-tahun, terakhir dijual seharga US$223.000 pada bulan Maret. Sebelumnya pada tahun 2018 juga terdaftar seharga hampir US$175.000. 

Tidak banyak yang diketahui mengenai dokumen tersebut. Steve Jobs mengisinya ketika dia berusia 18 tahun saat mengikuti kelas audit di Reed College. Dia keluar dari Reed College setelah enam bulan, tetapi Steve Jobs tetap terus mengikuti berbagai kelas seni liberal selama satu setengah tahun berikutnya. 

Selain surat lamaran, perangkat keras Apple pertama dan memorabilia Jobs juga kerap kali dilelang dengan harga tinggi. Contohnya, komputer pertama Apple-1 yang dijual seharga US$1 juta pada tahun 2014.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple steve jobs
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top