Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akuisisi LINK, XL Axiata (EXCL) Bisa Caplok Pelanggan First Media

XL Axiata disebut bisa mencaplok pelanggan First Media usai akuisisi saham Link Net.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Juli 2021  |  17:02 WIB
Akuisisi LINK, XL Axiata (EXCL) Bisa Caplok Pelanggan First Media
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pelanggan PT XL Axiata Tbk. diprediksi melesat seiring dengan aksi akuisisi mayoritas saham Link Net.

Perusahaan berkode saham EXCL itu berpeluang masuk lebih dalam ke pasar Link Net dan mengakuisisi pelanggan mereka, begitu pun sebaliknya, lewat kolaborasi yang terjalin.

Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward mengatakan kegiatan kolaborasi keduanya, memungkinkan XL untuk menambah jumlah pelanggan dengan mencaplok pelanggan First Media.

Aktivasi konten First Media nantinya menggunakan MyXL atau pun pelanggan First Media akan menjadi pelanggan XL dengan biaya langganan yang lebih terjangkau serta konten film yang dapat disaksikan dari ponsel.

“Belum lagi pembangunan dan operasional secara bersamaan akan terjadi berbagi belanja modal (Capex) dan ongkos operasional,” kata Ian, Sabtu (31/7/2021).

Sekadar informasi, pada kuartal I/2021, XL Axiata telah melayani sekitar 56,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia, sedangkan Link Net melayani 859.000 pelanggan. Ratusan ribu pelanggan berkualitas milik Link Net merupakan pasar baru yang berpotensi mendongkrak jumlah pelanggan XL, begitu pun sebaliknya.

Mengenai kolaborasi yang bakal terjadi, Presiden Direktur sekaligus CEO Link Net Marlo Budiman mengatakan para pelanggan First Media akan mendapat banyak manfaat dengan sinergi yang terjadi antara First Media dan XL.

Beragam konten dan produk menarik dan berkualitas bakal dihadirkan dari sinergi tersebut.

“Akan lebih banyak produk kolaborasi yang inovatif yang lebih memberikan nilai tambah kepada pelanggan First Media,” kata Marlo kepada Bisnis.com.

Sementara itu, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuni berharap aksi korporasi ini memungkinkan perseroan untuk memperluas capaian produk konvergensi yang lebih besar.

Layanan konvergensi merupakan sebuah layanan berbasis serat optik dan layanan seluler, yang dibalut dalam satu produk. Paket termurah dari layanan konvergensi yang dimiliki XL adalah Paket Value.

Dengan membayar Rp274.000 pelanggan sudah dapat layanan internet rumah XL Home dengan kecepatan hingga 30Mbps, dan 15GB kuota data bersama untuk dua nomor ponsel. Bisa jadi kedepannya produk First Media dibundel dengan kuota data dari XL, dengan harga yang menarik.

“Kami memiliki tujuan untuk menjadi operator konvergensi di Indonesia,” kata Ayu.

Per Mei 2021, XL Axiata mencatat jumlah pelanggan XL Home telah mencapai 110.000 pelanggan. Pada periode tersebut, Homepass XL Home telah mencapai 580.000. XL mengincar 650.000 homepass hingga akhir tahun.

Homepass adalah jaringan kabel serat optik yang sudah tergelar melewati rumah-rumah. Sekadar informasi, XL Axiata dan Axiata Group telah menandatangani kesepakatan tidak mengikat dengan pemegang saham mayoritas Linknet untuk melakukan akuisisi atas 66,03 persen saham Link Net.

Keduanya saat ini sedang dalam tahap uji tuntas selama 1 bulan. Setelah itu akan diumumkan kembali hasil dari kesepakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi link net
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top