Indosat Mencari Talenta Digital Berbakat untuk Solusi Dompet Digital

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 25 Juli 2021 | 11:39 WIB
GEDUNG INDOSAT. Bisnis/Himawan L Nugraha
GEDUNG INDOSAT. Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Indosat Tbk. membidik talenta digital berbakat untuk solusi dompet digital. Melalui program inovasi terbuka e-Wallet User Research Challenge 2021, perusahaan telekomunikasi dengan kode ISAT itu menyatakan tertarik bekerja sama dengan para talenta digital yang memiliki ide menarik ihwal dompet digital.

Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo Arief Musta’in mengatakan bahwa Bank Indonesia mencatat transaksi uang elektronik selama pandemi meningkat pesat.

Khusus Mei 2021, transaksi uang digital mencetak rekor, naik 57,4 persen secara tahunan. Hal tersebut terjadi karena perubahan perilaku masyarakat selama pandemi yang lebih gemar melakukan transaksi dengan uang elektronik.

Indosat bekerja sama dengan Telkom University ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fenomena tersebut melalui kompetisi e-Wallet User Research Challenge 2021. Talenta digital berbakat dalam kompetisi itu juga berpeluang untuk bekerja sama dengan Indosat.

“Indosat sangat ingin bekerja sama dengan mereka yang bisa menghasilkan solusi layak, sehingga dapat memberi manfaat dan menjawab masalah yang selama ini menjadi kendala masyarakat dalam memanfaatkan dompet digital,” kata Arif, Sabtu (24/7/2021).

Sementara itu, SVP Head Corporate Communications Indosat Steve Saerang mengatakan bahwa melalui program inovasi terbuka ini, Indosat dan para pemangku kepentingan ingin mencari ide dan solusi terbaik yang valid dan aplikatif untuk fitur dompet digital selanjutnya.

Solusi tersebut harus benar-benar dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang belum mendapatkan layanan akses perbankan, sehingga layanan keuangan akan makin inklusif dan tentunya menggerakan perekonomian.

Adapun saat dikonfirmasi mengenai program ini dan rencana Indosat dalam pengembangan dompet digital, Steve hanya menjawab bahwa Indosat akan terus mengembangkan bisnis digitalnya.

“Indosat akan terus berinovasi untuk mengembangkan bisnis digitalnya,” kata Steve.

Sekadar informasi, Indosat sendiri telah memiliki IMkas sebagai solusi pembayaran yang melengkapi solusi digital seluler Indosat.

IMkas hadir dalam bentuk aplikasi seluler dan Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Sistem USSD memungkinkan layanan ini untuk diakses oleh masyarakat pengguna ponsel teknologi lama atau non-ponsel pintar di daerah pelosok.

IMkas memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membeli pulsa seluler dan paket data, membeli token listrik, pembayaran tagihan air, BPJS Kesehatan, dan lain sebagainya.

Selain memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan Indosat, kehadiran IMkas juga diharapkan dapat menyerap lebih banyak manfaat dari potensi ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan mencapai US$130 miliar pada 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper