Terungkap! Setiap 15 Juta Tahun, Bumi Dihantam Asteroid Seukuran Sebuah Kota

Ni Luh Anggela
Jumat, 16 Juli 2021 | 10:24 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi baru menemukan, asteroid seukuran sebuah kota, seperti yang memusnahkan dinosaurus, menghantam Bumi lebih sering daripada yang diperkirakan sebelumnya.
 
Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi geokimia Goldschmidt minggu lalu menyatakan, kira-kira setiap 15 juta tahun, planet Bumi yang berevolusi akan dihantam oleh sepotong batu seukuran kota, atau bahkan provinsi yang lebih besar.
 
Periode hantaman ini, terjadi antara 2,5 dan 3,5 miliar tahun yang lalu, diteliti dengan melihat planet ini dalam pergolakan secara teratur, dengan kimia di dekat permukaannya mengalami perubahan dramatis yang dapat dilacak di bebatuan di tanah bahkan hari ini, kata para peneliti melansir Space, Jumat (16/7/2021).
 
Dalam studi tersebut, Simone Marchi, seorang ilmuwan utama di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado dan rekan-rekannya melihat keberadaan yang disebut spherules, gelembung-gelembung kecil dari batu yang menguap yang terlempar ke luar angkasa oleh setiap tumbukan asteroid, tetapi kemudian mengeras dan jatuh kembali ke Bumi, membentuk lapisan tipis yang dilihat ahli geologi di batuan dasar hari ini.
 
Tim mengembangkan metode baru untuk memodelkan efek dampak asteroid dalam hal kemampuan mereka untuk menghasilkan bola dan mempengaruhi distribusi global mereka. Semakin besar asteroid, seharusnya semakin tebal lapisan bola di batu. Tetapi ketika para peneliti melihat jumlah sebenarnya dari spherules di berbagai lapisan batuan dasar dan membandingkannya dengan perkiraan dampak asteroid masa lalu, mereka menemukan dua nilai tidak cocok.
 
"Kami menemukan bahwa model pemboman awal Bumi saat ini sangat meremehkan jumlah dampak yang diketahui, seperti yang dicatat oleh lapisan bola," kata Marchi dalam pernyataan itu. "Fluks dampak sebenarnya bisa mencapai faktor 10 kali lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya dalam periode antara 3,5 dan 2,5 miliar tahun yang lalu."
 
Serangan asteroid masa lalu itu mungkin juga memengaruhi kadar oksigen dan kemampuan planet muda untuk mendukung kehidupan.
 
"Kami menemukan bahwa kadar oksigen akan berfluktuasi secara drastis selama periode dampak yang intens," kata Marchi. "Mengingat pentingnya oksigen bagi perkembangan Bumi, dan tentu saja bagi perkembangan kehidupan, kemungkinan hubungannya dengan tabrakan sangat menarik dan perlu diselidiki lebih lanjut. Ini adalah tahap selanjutnya dari pekerjaan kami."
 
Menurut Rosalie Tostevin, dari University of Cape Town, yang tidak terlibat dalam penelitian tetapi mengkhususkan diri dalam geologi kuno, beberapa penanda kimia menunjukkan adanya "bau" oksigen di atmosfer awal, sebelum kenaikan permanen yang terjadi di sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu.
 
"Ada perdebatan yang cukup besar seputar pentingnya bau ini, atau memang, apakah itu terjadi sama sekali," kata Tostevin dalam pernyataannya. "Kami cenderung fokus pada interior Bumi dan evolusi kehidupan sebagai kontrol pada keseimbangan oksigen Bumi, tetapi pemboman dengan batu dari luar angkasa memberikan alternatif yang menarik."
 
Benda berbatu tanpa atmosfer, seperti bulan, membawa catatan rinci tentang dampak asteroid di masa lalu. Di planet seperti Bumi, dengan pola cuaca dan aktivitas geologi yang bervariasi, jejak dari banyak dampak masa lalu telah lama terhapus. Butuh waktu hingga akhir 1970-an bagi para ilmuwan untuk menemukan kawah tumbukan Chicxulub di Meksiko. Butuh beberapa tahun lagi bagi mereka untuk mengidentifikasi dampak ini sebagai penyebab kepunahan dinosaurus.
 
"Dampak besar ini tentu akan menyebabkan beberapa gangguan," kata Tostevin. "Sayangnya, hanya sedikit batuan dari masa lalu yang bertahan, jadi bukti langsung untuk dampak, dan konsekuensi ekologisnya, tidak merata. Model yang diajukan oleh Dr. Marchi membantu kita untuk lebih memahami jumlah dan ukuran tumbukan di awal bumi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper