Indosat - AionOS Akselerasi Kedaulatan AI Indonesia, Hadirkan 3 Solusi Enterprise

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 27 Juli 2024 | 07:00 WIB
Indosat  mengumumkan kemitraan strategis dengan AionOS, perusahaan patungan antara InterGlobe dan Assago Group yang bertujuan untuk mentransformasi bisnis menjadi perusahaan berbasis AI. Kolaborasi ini menginisasi AI3  - kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk Indonesia oleh Indosat – memperkenalkan berbagai solusi termutakhir berbasis AI/ Indosat
Indosat mengumumkan kemitraan strategis dengan AionOS, perusahaan patungan antara InterGlobe dan Assago Group yang bertujuan untuk mentransformasi bisnis menjadi perusahaan berbasis AI. Kolaborasi ini menginisasi AI3 - kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk Indonesia oleh Indosat – memperkenalkan berbagai solusi termutakhir berbasis AI/ Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) mengumumkan kemitraan strategis dengan AionOS, perusahaan patungan antara InterGlobe dan Assago Group, yang bertujuan untuk mengakselerasi kecerdasan buatan (AI) yang berdaulat sekaligus mentransformasi bisnis menjadi perusahaan berbasis AI. 

Kedua perusahaan berkolaborasi ini menginisiasi AI3 - kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk Indonesia oleh Indosat – memperkenalkan berbagai solusi termutakhir berbasis AI.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan kerja sama strategis dengan AionOS merupakan langkah penting dalam memajukan kedaulatan AI dan memberdayakan Indonesia. 

“Tujuannya adalah memanfaatkan kekuatan AI untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan, keamanan ekosistem digital, dan yang terpenting adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” kata Vikram dikutip, Sabtu (27/7/2024). 

Adapun beberapa solusi AI enterprise yang akan dihadirkan Indosat dan AionOS antara lain adalah AI Berdaulat, AI Perusahaan dan Data serta AI In The Box. 

AI Berdaulat menawarkan platform plug-and-play dibuat di atas infrastruktur digital yang kuat, yang  menyasar industri prioritas seperti ed-tech dengan menyediakan produk dan layanan terintegrasi bagi semua pemangku kepentingan. 

“Solusi AI berdaulat akan berkontribusi secara signifikan terhadap ekonomi digital dan AI Indonesia serta meningkatkan adopsi di berbagai industri,” kata Vikram. 

Kemudian, Solusi AI Perusahaan akan menyasar berbagai industri, disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing. 

Misalnya, Aviation Enterprise AI menggunakan kekuatan AI untuk meningkatkan pendapatan tambahan, mengoptimalkan operasi, dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Terakhir, kata Vikram, Data dan AI in the Box yang berisi sekumpulan solusi untuk mempercepat dan meningkatkan kapabilitas AI Indosat. 

“Fokus utama solusi ini termasuk pencegahan penipuan yang kuat dan solusi identitas untuk menciptakan ekosistem digital yang aman bagi Indonesia,” kata Vikram.  

Solusi Data dan AI in the Box juga mencakup teknologi pemasaran yang berfokus pada privasi, memungkinkan pelaku bisnis di Indonesia memberikan pengalaman digital yang aman dan personal.

Sementara itu, Executive Vice Chairman AIonOS C.P. Gurnani mengatakan kolaborasi perusahaan dengan Indosat untuk membangun solusi akan mengantarkan inovasi teknologi. 

“Sehingga dapat memberdayakan pelaku bisnis dalam mempercepat pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Gurnani.

Group Managing Director InterGlobe Enterprises Rahul Bhatia mengatakan di tengah perkembangan yang cepat, penting bagi pelaku bisnis untuk berinovasi terus menerus, fokus pada pengembangan solusi dengan visi yang lebih luas untuk mentransformasikan dan memberdayakan industri. 

“Penggunaan AI secara efektif menjadi krusial bagi transformasi ini, dan kerja sama ini merupakan langkah yang strategis,” kata Rahul.  

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper