Ponsel 5G Digemari, Samsung dan Oppo Catatkan Lonjakan Permintaan

Amanda Kusumawardhani
Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:08 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Samsung dan vivo merupakan dua merek ponsel pintar 5G yang menikmati pertumbuhan pesat penjualan sepanjang Januari-Maret pada tahun ini.

Dilansir dari GSM Arena, laporan Strategy Analytics menunjukkan Samsung mampu mengirimkan 17 juta unit atau tumbuh 79 persen dibandingkan kuartal IV/2021. Di bawahnya, ada vivo yang berhasil mengirimkan ponsel sebanyak 19,4 juta unit atau naik 62 persen pada kuartal sebelumnya.

Secara umum, Apple masih mendominasi penjualan ponsel 5G pada kuartal I/2021 dengan jumlah mencapai 40,4 juta unit. Tetapi, angka ini lebih rendah dibandingkan penjualan kuartal sebelumnya sebanyak 52,2 juta unit.

Posisi kedua ditempati oleh Oppo dengan jumlah penjualan 21,5 juta unit, sedangkan posisi ketiga dan keempat ditempati oleh vivo dan Samsung. Posisi kelima ditempati Xiaomi sebanyak 16,6 juta unit.

Kepopuleran Samsung lebih banyak didorong oleh permintaan seri Galaxy S21 di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan sebagian Eropa. Sebaliknya, Oppo menikmati penjualan yang kuat di China dan Eropa.

Berdasarkan laporan yang sama, pasar ponsel 5G tumbuh 6 persen sebanyak 135,7 juta unit pada kuartal I/2021 dibandingkan kuartal sebelumnya. Strategy Analytics memprediksi jumlah pengiriman ponsel 5G mencapai 624 juta unit hingga akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper