Simak! Ini Cara Cek Kode IMEI di Ponsel Android atau iOS

Newswire
Sabtu, 19 Juni 2021 | 16:54 WIB
Seorang wanita sedang memegang ponsel
Seorang wanita sedang memegang ponsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika seseorang membeli ponsel Android maupun iPhone, salah satu yang dilihat adalah keunggulan yang diberikan oleh masing-masing produk mulai dari kapasitas penyimpanan hingga software yang tersedia di dalamnya.

Namun, berbeda hal dengan produk smartphone yang dibeli di luar negeri, pengguna juga perlu memperhatikan International Mobile Equipment Identity atau IMEI.

Dilansir tempo.co, Sabtu (19/6/2021), IMEI merupakan nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Dengan adanya nomor IMEI di setiap produk smartphone, membuatnya memiliki identitas yang berbeda dari produk lainnya. Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 hingga 16 digit angka.

Selain berfungsi untuk menentukan identitas HP, IMEI juga memiliki fungsi mengecek garansi smartphone. Mengetahui kode IMEI sangat penting ketika membeli HP secara online dan tidak mengetahui seluk beluk dari HP tersebut.

Tidak hanya untuk melihat garansi pada smartphone, kode IMEI juga bisa melacak HP yang hilang atau meretas smartphone yang dicuri. Tetapi, untuk melakukan hal ini, pengguna tidak bisa melakukannya sendiri dan perlu menghubungi pihak provider kartu SIM untuk memblokir ponsel yang hilang.

Untuk mengecek kode IMEI biasanya sudah terdapat di bagian belakang smartphone yang ditulis dan ditempel menggunakan stiker.

Namun, beberapa vendor smartphone memindahkan stiker tersebut kebagian kardus agar nomor IMEI tetap bisa dilihat. Hal ini dikarenakan ketika diletakkan d ibelakang smartphone akan mudah hilang dan memudar akibat pemakaian.

Jika kedua stiker tersebut hilang, tidak perlu khawatir karena pengguna masih bisa melakukan pengecekan melalui ponsel. Untuk Android sendiri memiliki 2 cara yaitu dengan pergi ke menu pengaturan atau melalui dial pad.

Ketika memasuki menu pengaturan, pengguna bisa memilih sub Tentang Telepon atau About Phone dan temukan IMEI dari ponsel tersebut. Tetapi, untuk beberapa jenis android biasanya akan diarahkan ke beberapa sub menu terlebih dahulu. Sebaliknya melalui dial pad dapat mengetik *#06# lalu ketuk tombol untuk menelepon.

Untuk perangkat iOS atau pengguna iPhone, pengguna dapat mengetahuinya melalui menu Setting kemudian pilih General dan About yang berisi informasi seputar ponsel. IMEI juga dapat diketahui dengan menelepon ke *#06#.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper