Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Kelebihan Fitur iPadOS 15

iPadOS 15 bisa melakukan banyak tugas dan aplikasi yang memiliki banyak jendela seperti Safari dan Pages.
Anissa Putri
Anissa Putri - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  17:22 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg -  Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Apple merilis iPadOS 15 bagi pengguna iPad. Ada banyak kelebihan dan keunggulan fitur baru yang diberikan perusahaan asal California ini bagi penggunanya.

Setelah merilis iOS 15 pada Juni 2021, kini iPadOS berencana meluncurkan iPadOS pada September 2021. Mengutip dari macworld.com, ada beberapa fitur teratas iPadOS 15 yang dibawa Apple ke iPad:

1. Widget dan App Library

Pengguna iPad bia menempatkan widget diantara aplikasi dan home screen. Fungsinya sama seperti pada iPhone, tetapi dirancang khusus untuk layar iPad yang lebih besar agar dapat memuat lebih banyak bermacam ukuran widget sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Apple juga menyediakan App Library yang secara otomatis mengatur aplikasi ke dalam kategori seperti produktivitas, game, dan recent Added. Ikon App Library ditempatkan di dock, sehingga makin memudahkan pengguna mengakses semua aplikasi. Pengguna pun dapat menghapus dan mengatur ulang halaman aplikasi, sama seperti yang ada di iOS 14.

2. Multitasking

Sejak diluncurkan di iPadOS 12, multitasking di iPad menjadi agak membingungkan dan akhirnya Apple menyederhanakan banyak hal di iPadOS 15. Sebagai permulaan, menu multitasking baru memudahkan pengguna iPad untuk menemukan multitasking dan menggunakan Split View atau Slideover. Pengguna dapat mengakses berbagai mode dengan sekali ketuk.

Saat ingin menggunakan dua aplikasi secara bersamaan, Apple juga mempermudah untuk memasukkan aplikasi ke dalam tampilan multitasking. Pengguna kini memiliki akses cepat ke Home Screen saat menggunakan Split View, sehingga lebih mudah untuk membuka aplikasi yang tepat.

Melalui iPadOS 15, maka pengguna bisa melakukan banyak tugas dengan aplikasi yang memiliki banyak jendela seperti Safari dan Pages, serta mempratinjau email dengan cepat. Ada juga pintasan keyboard baru yang membantu mengakses menu dengan cepat.

3. Notes

Apple telah memberikan perbaikan besar-besaran pada Notes di iPad, dengan fokus pada kolaborasi dan organisasi di layar yang lebih besar. Mungkin fitur terbaik pada aplikasi Notes di iPadOS 15 adalah Quick Note.

Dapat diakses dari mana saja, pengguna dapat menggeser dari sudut kanan bawah layar dengan Apple Pencil atau jari mereka untuk memunculkan dengan cepat. Notes juga memiliki cara baru untuk mengatur, berkolaborasi, dan menangkap informasi. Ada Tag yang memudahkan untuk mengkategorikan catatan dan menemukannya.

4. Swift Playground

Banyak pengguna berharap untuk menghadirkan Xcode di iPad sejak iPad Pro diluncurkan, dan mereka mendapatkan keinginan mereka di iPadOS 15. Apple menawarkan cara baru bagi siapa saja untuk membuat aplikasi pada Swift Playgrounds. Pengguna juga dapat mengirimkan aplikasi untuk ditinjau ke App Store langsung di iPad.

Semua iPad yang memiliki versi iPadOS 14 akan mendapatkan dukungan sistem operasi selanjutnya, diantaranya:

iPad Pro 12.9-inch (generasi pertama hingga kelima) 

  • iPad Pro 11-inch (generasi pertama hingga ketiga) 
  • iPad Pro 10.5-inch 
  • iPad Pro 9.7-inch 
  • iPad (generasi kelima hingga kedelapan) 
  • iPad Mini (generasi keempat dan kelima) 
  • iPad Air (generasi kedua hingga keempat)

Berikut beberapa seri iPad yang bisa mendukung iPadOS 15:

1. iPad Pro 2015

2. iPad Pro 2017

3. iPad Pro 2018

4. iPad Pro 2020

5. iPad Pro 2021

6. iPad Air 2

7. iPad Air 3

8. iPad Air 4

9. iPad 2017

10. iPad 2018

11. iPad 2019

12. iPad 2020

13. iPad Mini 2015

14. iPad Mini 2019


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipad iphone
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top