Siap-siap, 7 Asteroid Meluncur Menuju Bumi Pekan Ini, Berbahaya?

Sartika Nuralifah
Jumat, 4 Juni 2021 | 14:11 WIB
Asteroid 2020 PM7
Asteroid 2020 PM7
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Sebuah asteroid meluncur melewati bumi pada hari Selasa. Secara total, tujuh asteroid diperkirakan akan melewati bumi pada akhir minggu ini.

Asteroid terbesar bernama 2021 KT1 seukuran Seattle Space Needle dan lebih tinggi dari Monumen Washington. Namun para ilmuwan percaya bahwa ukurannya sebanding dengan ukuran Chrysler Building di New York.

Asteroid tersebut diklasifikasikan oleh NASA sebagai "objek yang berpotensi berbahaya" karena merupakan objek dekat Bumi dan melintas dalam jarak 4,6 juta mil dari Bumi.

Sebagai referensi, jarak rata-rata antara Bumi dan bulan adalah sekitar 239.000 mil. Menurut para ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory NASA, 2021 KT1 datang dalam 4,5 juta mil dari Bumi, pertemuan yang relatif dekat. Itu terbang melewati sekitar 40.000 mil per jam. Tapi tidak ada kemungkinan asteroid itu menabrak Bumi.

Namun, para peneliti melacak semua asteroid yang mendekati planet ini dan saat ini sedang mencari cara untuk membelokkan asteroid yang dapat melakukan kontak di masa depan. Enam asteroid lain, yang pada dasarnya adalah batuan sisa yang berusia lebih dari empat miliar tahun, juga melewati Bumi minggu ini. Namun, semuanya lebih kecil dari KT1 2021.

Mereka masing-masing datang dalam jarak 181.000 mil dan 694.000 mil dari Bumi. Sementara itu, jenis JW6 2021 akan lewat pada hari Rabu, bersama dengan 2021 KE1. Mereka akan datang dalam jarak sekitar 1,9 juta mil dan 3,6 juta mil dari Bumi, masing-masing. Kamis dan Sabtu membawa lebih banyak asteroid.

Sebagian besar asteroid mengorbit matahari antara Mars dan Jupiter, tetapi kadang-kadang, jalur orbitnya dipengaruhi oleh tarikan gravitasi planet lain, yang mengubah jalurnya. Para ilmuwan percaya asteroid liar masa lalu bertabrakan dengan Bumi memainkan peran utama dalam evolusi planet ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper