Waduh, Dunia Bakal Lebih Panas dalam 5 Tahun Mendatang

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 27 Mei 2021 | 09:40 WIB
Ilustrasi cuaca panas. Kesepakatan iklim Paris 2015 menetapkan tujuan untuk menjaga pemanasan hingga sekarang. /bmkg
Ilustrasi cuaca panas. Kesepakatan iklim Paris 2015 menetapkan tujuan untuk menjaga pemanasan hingga sekarang. /bmkg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi warga planet bumi tampaknya harus bersiap-siap karena dunia akan alami suhu terpanas pada 2025.

Ahli meteorologi mengatakan ada 40 persen kemungkinan dunia akan menjadi begitu panas 5 tahun mendatang hingga melampaui batas suhu yang coba dicegah oleh perjanjian iklim Paris.

Melansir dari apnews, Kamis (27/5/2021), Organisasi Meteorologi Dunia memperkirakan untuk beberapa tahun ke dunia akan mencetak rekor lain untuk tahun terpanas pada akhir 2025. Dan, Samudra Atlantik akan terus menghasilkan badai yang lebih berpotensi berbahaya daripada sebelumnya.

Untuk tahun ini, ahli meteorologi mengatakan sebagian besar daratan di belahan bumi bagian utara akan lebih hangat 1,4 derajat atau 0,8 derajat Celcius daripada dekade terakhi. Lalu kekeringan di Amerika bagian barat daya akan terus berlanjut.

Kesepakatan iklim Paris 2015 menetapkan tujuan untuk menjaga pemanasan hingga sekarang.

Laporan tersebut mengatakan ada kemungkinan satu dari lima tahun ke depan akan menjadi 1,5 derajat Celcius atau 2,7 derajat Fahrenheit lebih tinggi daripada masa praindustri. Tahun lalu, grup yang sama memperkirakan 20 persen kemungkinan hal itu terjadi.

“Peluang berlipat ganda ini terjadi karena peningkatan teknologi yang menunjukkan bahwa dunia akan menghangat lebih dari yang kita duga, terutama di wilayah kutub yang dipantau dengan ringan,” kata Leon Hermanson, Ilmuwan iklim di Met Center Inggris yang membantu dalam ramalan.

Ilmuwan iklim Pennsylvania State University Michael Mann, yang bukan bagian dari laporan tersebut, mengatakan dia hampir yakin dunia akan melebihi ambang batas pemanasan Paris. Perkiraan tersebut setidaknya sekali dalam beberapa tahun ke depan.

Namun jika satu atau dua tahun meningkat di atas 1,5 derajat Celcius atau 2,7 derajat Fahrenheit tidak mengkhawatirkan. Angka tersebut seperti ketika tren suhu saat musim panas secara keseluruhan. “Panas paling tinggi tersebut mungkin tidak akan terjadi selama beberapa dekade dan masih bisa dicegah,” tutup Mann

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper