Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merger Gojek dan Tokopedia, Ini Pesan Nadiem Makarim untuk GoTo

Nadiem Makarim mengucapkan selamat dan pesan singkat untuk GoTo melalui video yang diunggah akun Youtube Gojek pada Senin (17/5/2021)
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  13:08 WIB
Nadiem Makarim - Go/Jek.com
Nadiem Makarim - Go/Jek.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) sekaligus Founder Gojek Nadiem Makarim angkat bicara terkait merger Gojek dan Tokopedia yang melahirkan entitas bisnis GoTo.

Pesan singkat tersebut disampaikan Nadiem melalui video yang diunggah oleh akun Youtube Gojek Indonesia pada Senin (17/5/2021).

"Saya berharap hadirnya GoTo dapat mendorong perkembangan talenta digital dalam negeri," ujar Nadiem seperti dikutip Selasa (18/5/2021).

Bukan itu saja, pria lulusan Harvard tersebut juga berharap lahirnya GoTo dapat memberikan semangat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurutnya, merger perusahaan teknologi dan e-commerce terbesar karya anak bangsa tersebut menunjukkan betapa besarnya potensi Indonesia di dunia.

"Sekaligus memberi semangat bagi semua orang Indonesia, dari mulai siswa hingga tenaga didik hingga ahli-ahli di bidangnya, bahwa bangsa kita bisa melahirkan gagasan baru yang mendobrak dunia," imbuhnya.

Seperti diketahui, Nadiem Makarim mendirikan Gojek pada 2010 silam dengan layanan pertama kami yaitu pemesanan ojek melalui call-center. Pada 2015, Gojek berkembang pesat setelah meluncurkan sebuah aplikasi dengan tiga layanan, yaitu: GoRide, GoSend, dan GoMart.

Berawal dari layanan transportasi, sekarang aplikasi Gojek memiliki lebih dari 20 layanan yang menjadi solusi buat tantangan sehari-hari. Berkat itu juga, Gojek menjadi salah satu platform teknologi terbesar yang melayani jutaan pengguna di Asia Tenggara dengan mengembangkan tiga Super-App: untuk customer, mitra driver dan mitra merchant.

Selain menjadi kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, merger Gojek dan Tokopedia menjadi penggabungan terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group. Andre sebelumnya menjabat sebagai CEO Gojek. Sementara itu, Patrick Cao dari Tokopedia didapuk sebagai Presiden GoTo. Lebih lanjut, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokopedia Gojek Nadiem Makarim merger gojek dan tokopedia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top