Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kominfo: Sinyal 4G Bakal Jangkau 83.218 Desa pada 2022

Sinyal 4G bakal menjangkau 83.218 desa pada akhir 2022 sebagai salah satu tugas dari Kementerian Kominfo untuk memastikan pembangunan infrastruktur TIK yang merata.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 29 April 2021  |  11:02 WIB
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berusaha untuk mewujudkan 83.218 desa di Indonesia sudah tersedia sinyal 4G baik oleh pemerintah maupun operator seluler pada akhir 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan salah satu tugasnya memastikan pembangunan infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi) lebih merata di seluruh Indonesia melalui penggelaran 4G ke seluruh desa.

“Kami lagi bekerja keras mudah-mudahan di akhir 2022 seluruh 83.218 desa di Indonesia sudah tersedia 4G signal coverage, baik oleh Kominfo maupun oleh operator seluler,” kata Johnny dalam siaran pers, Kamis (29/4/2021).

Kementerian Kominfo juga memastikan pembangunan infrastruktur dari middle mile hingga the last mile, serta tersedianya kapasitas satelit yang memadai dan cukup untuk menyiapkan infrastruktur digital bagi kepentingan migrasi masyarakat ke dalam ruang digital.

Johnny menuturkan tersedianya spektrum frekuensi juga menjadi komitmen pemerintah. Pembangunan infrastruktur juga perlu didukung dengan ketersediaan spektrum.

Kemudian, lanjutnya, kebutuhan Indonesia yang tidak kalah pentingnya dalam menyambut transformasi digital adalah SDM digital atau talenta digital. Menurutnya, Indonesia diproyeksikan membutuhkan 9 juta talenta digital atau setara dengan 600.000 talenta digital per tahun dalam 15 tahun ke depan.

“Kominfo sendiri menghadirkan untuk skill dan semiskill talenta digital melalui program talenta digital Scholarship ada 100 ribu seat yang dibiayai secara gratis untuk peserta, yaitu para sarjana baru atau tamatan SMA dengan berbagai macam program seperti cloud computing, artificial intelligence, big data dan lain-lain,” paparnya.

Dia menegaskan bahwa pemerintah dibawa kepemimpinan Presiden Joko Widodo melaksanakan akselerasi transformasi digital secara besar-besaran. Hal itu sebagai respons terhadap pandemi Covid-19 dimana masyarakat dunia termasuk Indonesia bermigrasi dari ruang ruang fisik ke ruang ruang digital.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top