Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saingi Clubhouse, Facebook Siapkan Fitur Pesan Suara

Facebook akan menambahkan produk mirip Clubhouse yang memungkinkan pengguna berbicara di panggung virtual, dan fitur yang memungkinkan pengguna memposting pesan suara di umpan berita mereka.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 19 April 2021  |  06:42 WIB
Stiker dengan logo Facebook terlihat dalam konferensi F8 yang digelar Facebook di San Jose, California, AS, Selasa (30/4/2019). - Reuters/Stephen Lam
Stiker dengan logo Facebook terlihat dalam konferensi F8 yang digelar Facebook di San Jose, California, AS, Selasa (30/4/2019). - Reuters/Stephen Lam

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Senin (19/4/2021), Facebook Inc. akan mengumumkan serangkaian produk audio baru, termasuk versi Clubhouse-nya sendiri, serta peluncuran podcast yang dibantu oleh Spotify Technology S.A..

Dikutip dari Recode, rencananya Facebook akan meluncurkan versi audio dari Messenger Rooms, fitur obrolan video yang diperkenalkan Facebook tahun lalu untuk bersaing dengan Zoom Video Communications Inc.

Facebook juga akan menambahkan produk mirip Clubhouse yang memungkinkan pengguna berbicara di panggung virtual, dan fitur yang memungkinkan pengguna memposting pesan suara di umpan berita mereka. Selanjutnya, Facebook juga akan meluncurkan produk penemuan podcast yang terkait dengan Spotify.

Rencananya datang tepat saat Clubhouse menutup putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz. Bloomberg News melaporkan sebelumnya bahwa putaran tersebut akan memberi nilai pada startup berusia satu tahun sekitar US$4 miliar, empat kali lipat dari perkiraan pada Januari lalu.

Beberapa raksasa media sosial sedang bekerja untuk membuat versi mereka sendiri dari produk Clubhouse yang populer. Twitter Inc. memperkenalkan yang disebut Spaces. LinkedIn Microsoft Corp. dan Slack Technologies Inc. juga mengatakan mereka sedang mengerjakan fitur serupa untuk jaringan mereka.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, muncul langsung selama diskusi Clubhouse tahun ini dan perusahaan memerintahkan beberapa tim untuk meneliti produk obrolan terkait audio yang dapat menyaingi Clubhouse, menurut orang-orang yang mengetahui upaya tersebut.

"Kami telah menghubungkan orang-orang melalui teknologi audio dan video selama bertahun-tahun, dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan pengalaman itu bagi orang-orang," kata Facebook kepada Recode.

Secara terpisah, Recode memberitakan bahwa Apple Inc. sedang mempersiapkan layanan podcast berlangganan yang mungkin diumumkan paling cepat Selasa (20/4/2021). Sayangnya, Apple menolak berkomentar untuk Recode.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook clubhouse

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top