Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabel Bawah Laut XL-Google Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Rencananya, SKKL yang memiliki nama Echo tersebut akan mendarat di Jawa Barat.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 06 April 2021  |  09:47 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengklaim kehadiran sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) hasil kerja sama  dengan Google akan membuat pelanggan XL makin nyaman memakai layanan. 

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan kerja sama yang terjalin dengan Google akan membuat kapasitas jaringan XL ke luar negeri makin besar, dengan tingkat latensi yang kecil.

Dengan kondisi tersebut, kata Dian, XL dapat memberikan pengalaman yang jauh lebih baik kepada pelanggan, seiring dengan peningkatan kenyamanan yang dirasakan.

“Pastinya kapasitas lebih besar dan latensi lebih kecil. Pelanggan akan merasakan kualitas layanan yang lebih bagus,” kata Dian di Depok, Senin (5/4/2021).

Sekadar informasi, Opensignal, sebuah perusahaan riset yang fokus dalam memetakan jaringan internet global, mengungkapkan kecepatan unduh – unggah XL Axiata sepanjang 2020, jika dibandingkan dengan 2019, terus meningkat.

Tercatat pada akhir 2019, kecepatan unduh-unggah XL Axiata sebesar 8,7 Mbps dan 4,5 Mbps.  Pada pertengahan 2020, kecepatan unduh-unggah XL Axiata meningkat menjadi sebesar 9,3 Mbps dan 4,9 Mbps. Terakhir pada akhir 2020, kecepatan unduh-unggah XL Axiata sebesar 11,3 Mbps dan 5,1 Mbps. Kondisi ini akan makin baik dengan kehadiran SKKL XL – Google.

Dian menjelaskan saat ini sebesar 70 persen lalu lintas data yang terjadi di perseroan, lari  ke luar negeri, terutama ke Amerika Serikat. Kerja sama akan membuat lalu lintas data makin lancar, yang berujung pada peningkatan pengalaman pelanggan.

Rencananya, SKKL yang memiliki nama Echo tersebut akan mendarat di Jawa Barat. Setelah itu, XL akan menghubungkan lalu lintas data dengan jaringan XL sehingga dapat menjangkau seluruh Indonesia. XL masih terus mengurus perizinan agar proyek ini berjalan dengan lancar. 

“Kami sedang berusaha mendapatkan persetujuan dari pemerintah untuk pembangunannya,” kata Dian.

Adapun mengenai bisnis SKKL internasional perseroan saat ini, kata Dian, XL lebih berfokus untuk melayani produk sendiri dibandingkan untuk menyewakan kepada perusahaan lain untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan pengguna jaringan XL.

“Kalau bisnis [SKKL internasional] tidak besar, karena untuk menyalurkan internet dari pelanggan kami,” kata Dian


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata kabel bawah laut
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top