Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei Snapcart, ShopeePay Tetap Tumbuh Pesat Selama Kuartal I/2021

Survei konsumen secara online yang dilakukan oleh Snapcart selama kuartal I/2021 , menemukan bahwa ShopeePay merupakan brand e-wallet yang paling diingat, paling sering digunakan, dan paling disukai konsumen Indonesia.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  10:25 WIB
Shopee berkomitmen untuk tidak hanya menghadirkan wadah perpanjangan tangan pengguna dalam mengakses rangkaian produk tetapi juga turut berperan menjaga keberlangsungan bisnis lokal, khususnya di tengah situasi saat ini.  - Shopee
Shopee berkomitmen untuk tidak hanya menghadirkan wadah perpanjangan tangan pengguna dalam mengakses rangkaian produk tetapi juga turut berperan menjaga keberlangsungan bisnis lokal, khususnya di tengah situasi saat ini. - Shopee

Bisnis.com, JAKARTA - Transaksi uang elektronik menggunakan aplikasi dompet digital atau e-wallet terus meningkat. Bahkan, kini semakin populer digunakan dalam berbagai bentuk transaksi sehari-hari.

Selain menawarkan aspek lebih praktis, aman, cepat, dan menguntungkan, penggunaan e-wallet juga dianggap lebih aman dan sesuai dengan protokol kesehatan di kala pandemi belum usai.

Survei konsumen secara online yang dilakukan oleh Snapcart selama kuartal I/2021 , menemukan bahwa ShopeePay, brand e-wallet yang dilansir oleh kelompok situs belanja online Shopee, merupakan brand e-wallet yang paling diingat, paling sering digunakan, dan paling disukai konsumen Indonesia. Hal ini terefleksikan dari bagaimana ShopeePay berhasil mengambil porsi lebih dari 38 persen pasar transaksi e-wallet di Indonesia, baik online maupun offline.

“Ini capaian yang luar biasa, karena ShopeePay boleh dibilang pendatang baru. Namun, karena kompatibel dengan portal belanja online terbesar di Indonesia, Shopee, sehingga cepat berkembang,” ujar Astrid Williandry, Direktur Snapcart Indonesia, Selasa (30/3/2021).

Hasil survei Snapcart berdasarkan data jumlah pengguna e-wallet pada Maret 2021, ShopeePay merupakan e-wallet yang paling banyak digunakan (76 persen), disusul oleh Gopay (57 persen), Ovo (54 persen), Dana (49 persen), dan LinkAja (21 persen). “Dari hasil survey, lima brand ini yang paling banyak digunakan konsumen dalam melakukan pembayaran dengan uang digital. Mereka sangat populer karena rajin melakukan promosi dan menjalin kerja sama dengan berbagai macam merchant,” tambah Astrid Williandry.

Mendominasi Pembayaran

Dari data frekuensi penggunaan e-wallet untuk pembayaran digital dalam 3 bulan survei, ShopeePay merupakan e-wallet yang paling sering digunakan (10,7X) secara frekuensi pembayaran uang digital melalui platform online ataupun offline yang dilakukan dalam 1 bulan. Diikuti Ovo (7,3X), Dana (7,2X persen), serta Gopay dan LinkAja (masing-masing 7,1X).

“Ini temuan yang menarik. Pemakaian

ShopeePay untuk pembayaran offline kini semakin meningkat bersamaan dengan peningkatan pemakaian online. Hal ini menunjukkan ShopeePay semakin luas digunakan oleh berbagai macam merchant untuk menerima pembayaran digital,” tambah Astrid Williandry.

Contoh offline ,misalnya pengunaan ShopeePay untuk pembayaran digital di berbagai merchant kuliner dan toko retail melalui aplikasi ShopeePay yang ada di smartphone kita. Adapun contoh online, misalnya ketika kita melakukan pembayaran belanja di portal Shopee.

Dari data nominal omset rata-rata per bulan transaksi e-wallet dari lima brand terkemuka tersebut di atas terlihat penguasaan pasar transaksi e-wallet dari ShopeePay juga terus meningkat di pembuka  2021. Data Maret 2021 menunjukkan bahwa ShopeePay berhasil mengambil 38 persen porsi total pangsa pasar transaksi e-wallet, diikuti oleh Ovo (19 persen), Gopay (19 persen), Dana (17 persen), dan LinkAja (7 persen).

Dalam survei Snapcart, responden juga diminta untuk memilih brand e-wallet yang paling membantu dan mempermudah konsumen dalam berbelanja online. Pada Maret 2021, ShopeePay muncul menjadi pilihan utama konsumen (59 persen), diikuti oleh Ovo (18 persen), Gopay (9 persen), Dana (10 persen), dan LinkAja (4 persen).

Temuan ini juga sejalan dengan hasil pertanyaan tentang e-wallet yang paling dipercayakan oleh konsumen. Di mana ShopeePay berhasil menjadi kepercayaan konsumen Indonesia (39 persen), diikuti Ovo (18 persen), Dana (18 persen), Gopay (17 persen), dan LinkAja (9 persen).

“Dengan didukung platform Shopee yang memiliki jaringan ratusan ribu merchant di seluruh Indonesia dalam berbagai kategori; dari makanan dan minuman, fashion, elektronik, hobby, logistik, hingga merchant sosial seperti donasi, membuat ShopeePay sangat disukai semua lini konsumen. Karena menawarkan banyak kemudahan berbelanja,” tambah Astrid Williandry.

Selain itu, dengan banyak dan beragam fitur menarik dan paket promo yang ditawarkan Shopee, embuat ShopeePay banyak dipilih oleh masyarakat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shopee dompet digital
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top