Top 5 Peringkat PC di Indonesia, ASUS Sukses Pimpin Pasar

Akbar Evandio
Senin, 29 Maret 2021 | 16:39 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Firma riset International Data Corporation Indonesia (IDC) mencatatkan ASUS berhasil mengamankan posisi teratas terhadap pangsa pasar PC di Indonesia pada 2020.

Market Analyst IDC Indonesia Stallone Hangewa mengatakan meskipun ASUS mengalami penurunan sebesar 30,7 persen (yoy) pada 2020, tetapi perusahaan berbasis di Taiwan itu berhasil untuk mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar gaming notebook.

Sekadar catatan, IDC dalam laporannya mencatatkan terjadinya penurunan pangsa pasar Personal Computing (PC) Indonesia, termasuk desktop, notebook, dan workstation hingga 28,3 persen (yoy) pada 2020 dengan total 3,04 juta unit dikirimkan ke Indonesia. Adapun, kendala pasokan barang yang berlangsung memberikan dampak negatif pada pasar PC tradisional di Indonesia baik untuk segmen konsumen maupun komersial.

“Pengiriman ASUS untuk segmen konsumen sangat dipengaruhi oleh kendala ketersediaan barang, tetapi segmen komersial ASUS menunjukan kinerja yang baik berkat proyek penerapan Chromebook di bidang pendidikan,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (29/3/2021).

Dia melanjutkan, Acer Group naik ke posisi dua setelah mengambil 21,7 persen pangsa pasar pada 2020. Proyek pengadaan Chromebook di bidang pendidikan berkontribusi pada impresifnya kinerja tahunan Acer di segmen komersial.

Selanjutnya, Lenovo mengamankan posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 20,2 persen pada 2020. Pemenuhan perangkat di sektor swasta dan publik tetap berlanjut pada tahun lalu, tetapi lebih kecil jika dibandingkan dengan 2019 dikarenakan adanya kendala akan ketersediaan barang.

Sementara itu, dia mengatakan HP Inc. merosot ke posisi empat dengan pangsa pasar sebesar 17,2 persen selama setahun penuh pada 2020. Sama seperti dengan pemain PC lainnya, HP Inc. juga mengalami kendala pasokan yang berdampak pada pengiriman PC untuk segmen komersial dan konsumer. Pengiriman akan desktop mengalami penurunan yang tajam dikarenakan adanya pergeseran permintaan ke notebook.

Dell Technologies berada di urutan ke-5 pada 2020 dengan pangsa pasar sebesar 6,8 persen dari total pengiriman PC di Indonesia. Dell berhasil mengamankan pasokan yang cukup di kuartal IV/2020 di mana itu membantu untuk menahan laju penurunan tahunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper