Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Startup Berlomba Bikin Superapps, Cloud Computing Makin Eksis

Startup Indonesia dinilai getol mengembangkan layanan superapp yang selaras dengan penggunaan komputasi awan atau cloud computing.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  19:48 WIB
Komputasi awan - Istimewa
Komputasi awan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Infrastruktur berbasis komputasi awan (cloud computing) dinilai makin populer pada tahun ini. Sebab, perusahaan rintisan (startup) di Indonesia saat ini terus mengembangkan beragam layanan layaknya superapp.

Country Manager Nutanix Indonesia Judul Fetra Syahbana mengatakan pengembangan aplikasi super ini kini mulai dilakukan banyak pemain, seperti Bukalapak, Shopee dan startup teknologi finansial (fintech) KoinWorks. Bahkan, perbankan.

Contohnya, Bukalapak yang mengembangkan banyak layanan saat pandemi Covid-19, diantaranya agregator logistik, pencarian hunian, hingga Agen Penjual Raksa Dana (APERD). Kemudian, Shopee pun menyediakan beragam layanan baru seperti ShopeeFood dan ShopeeMart.

“Dulu aplikasi disebut dengan monolitik [semua komponen menjadi satu kesatuan], kemudian beralih ke micro services dan sekarang mencakup banyak layanan atau dikenal dengan superapps. Tren komputasi awan selaras dengan perkembangan superapps ini,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (25/3/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan selarasnya kebutuhan cloud dengan aplikasi super, lantaran pelaku informasi dan teknologi (IT) harus memikirkan sistem yang dibuat agar fleksibel demi mendukung kebutuhan pelayanan pelanggan dengan skala besar.

Ke depan, dia meyakini tren infrastruktur berbasis awan akan makin populer. Kemudian, pola ini mengarah pada peningkatan model hybrid cloud, karena dapat memenuhi kebutuhan public dan private suatu perusahaan. Sebab, masyarakat tentunya mengharapkan sebuah aplikasi dapat memenuhi semua kebutuhan mereka agar lebih efisien.

“Financial Service ECI report terbaru kami juga menunjukan bahwa sebagian besar perusahaan memandang IT menjadi lebih strategis dan lebih dari 50 persen perusahaan berinvestasi lebih besar di layanan hybrid cloud saat ini,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top