Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saksikan Fenomena Bulan Purnama Salju 27 Februari 2021

Menurut data Lapan, fenomena bulan purnama yang identik dengan bulan purnama salju ini akan terjadi pada pukul 15.17 WIB dengan jarak 37-.959 kilometer dari bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Leo.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  15:34 WIB
Bulan purnama
Bulan purnama

Bisnis.com, JAKARTA - Fase bulan purnama Februari 2021 akan muncul pada 27 Februari. saat fenomena itu terjadi, bulan akan tampak penuh selama sekitar tiga hari sekitar waktu ini, dari Kamis malam hingga Minggu pagi.

Menurut data Lapan, fenomena bulan purnama yang identik dengan bulan purnama salju ini akan terjadi pada pukul 15.17 WIB dengan jarak 37-.959 kilometer dari bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Leo.

Secara tradisional, bulan purnama ini disebut bulan purnama salju, karena di belahan utara bumi sedang turun salju.

Dikutip dari laman NASA, disebutkan jika rata-rata bulanan jangka panjang NOAA untuk wilayah Washington, DC menunjukkan bahwa Januari dan Februari hampir sama dengan bulan-bulan paling bersalju dalam setahun. Cuaca buruk dan badai salju yang lebat membuat perburuan menjadi sulit, sehingga Bulan ini juga disebut Bulan Kelaparan. 

Dalam kebanyakan kalender lunar dan lunisolar, bulan-bulan berubah seiring dengan Bulan baru dan Bulan purnama jatuh di tengah bulan lunar. Bulan purnama ini adalah pertengahan bulan pertama dari kalender China, Adar dalam kalender Ibrani, dan Rajab dalam kalender Islam. Rajab adalah salah satu dari empat bulan suci di mana perang dan pertempuran dilarang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapan bulan purnama
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top