Saksikan Fenomena Bulan Purnama Salju 27 Februari 2021

Mia Chitra Dinisari
Senin, 22 Februari 2021 | 15:34 WIB
Bulan purnama
Bulan purnama
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fase bulan purnama Februari 2021 akan muncul pada 27 Februari. saat fenomena itu terjadi, bulan akan tampak penuh selama sekitar tiga hari sekitar waktu ini, dari Kamis malam hingga Minggu pagi.

Menurut data Lapan, fenomena bulan purnama yang identik dengan bulan purnama salju ini akan terjadi pada pukul 15.17 WIB dengan jarak 37-.959 kilometer dari bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Leo.

Secara tradisional, bulan purnama ini disebut bulan purnama salju, karena di belahan utara bumi sedang turun salju.

Dikutip dari laman NASA, disebutkan jika rata-rata bulanan jangka panjang NOAA untuk wilayah Washington, DC menunjukkan bahwa Januari dan Februari hampir sama dengan bulan-bulan paling bersalju dalam setahun. Cuaca buruk dan badai salju yang lebat membuat perburuan menjadi sulit, sehingga Bulan ini juga disebut Bulan Kelaparan. 

Dalam kebanyakan kalender lunar dan lunisolar, bulan-bulan berubah seiring dengan Bulan baru dan Bulan purnama jatuh di tengah bulan lunar. Bulan purnama ini adalah pertengahan bulan pertama dari kalender China, Adar dalam kalender Ibrani, dan Rajab dalam kalender Islam. Rajab adalah salah satu dari empat bulan suci di mana perang dan pertempuran dilarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper