Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atsindo Bocorkan Teknologi yang Wajib Dimiliki Startup

Asosiasi Startup Teknologi Indonesia (Atsindo) memberikan bocoran mengenai investasi wajib yang dimiliki oleh startup.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  21:45 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun ini dinilai menjadi langkah yang tepat bagi perusahaan rintisan (startup) untuk menggenjot investasi teknologi mereka dalam meningkatkan peluang bisnis agar dapat memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Ketua Umum Asosiasi Startup Teknologi Indonesia (Atsindo) Handito Joewono saat ini teknologi komputasi awan menjadi investasi wajib bagi para pelaku startup. Kebutuhan investasi di teknologi tersebut menjadi urgensi agar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang makin adaptif terhadap digital.

Menurut catatan Bisnis.com, perusahaan teknologi International Business Machines (IBM) memprediksi layanan hybrid cloud (komputasi), teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), dan keamanan siber akan menjadi tren industri teknologi pada tahun ini.

Berdasarkan kajian terbaru IBM Institute for Business Value (IBV), lebih dari 74 persen organisasi global cenderung menggunakan hybrid cloud untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan pada bisnis mereka.

Sementara itu, dari laporan yang sama lebih dari 54 persen perusahaan yang memiliki kinerja terbaik, menggunakan AI untuk perencanaan rantai pasokan. Hybrid cloud dan AI menjadi teknologi yang penting dalam pengembangan operasional perusahaan yang bergerak secara digital.

Cloud sudah menjadi investasi wajib bagi startup. [Namun], biometrik belum terlalu banyak digunakan sehingga investasi ke sana belum banyak. Dan AI [juga] menjadi alokasi terbesar investasi startup,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (22/2/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa ke depan secara umum investasi teknologi dapat menyedot anggaran hingga lebih dari 60 persen dari total investasi startup. Hal ini dilakukan untuk membuat perusahaan terus beradaptasi sesuai dengan kebutuhan pasar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top