Awas! HP Bekas Disisipi Malware, Ini Tips Bagi Penjual dan Pembeli

Rio Sandy Pradana
Sabtu, 6 Februari 2021 | 10:27 WIB
Malware/Antara
Malware/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada masa pandemi Covid-19 ini, tidak sedikit orang yang menjual HP untuk memenuhi kebutuhan hidup atau ingin menggunakan ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi. Namun, ada risiko perangkat tersebut masih atau disisipi oleh malware.

Head of Kaspersky’s Global Research and Analysis Team (GReAT) Christian Funk menuturkan telah terjadi kesalahpahaman yang cukup umum adalah dengan hanya menghapus data atau melakukan format ulang media penyimpanan sudah cukup untuk membersihkan data.

"Apabila hanya terdapat segelintir orang yang tech-savvy sekali pun, mereka dapat memulihkan data ini. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pembersihan total," ujarnya dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (6/2/2021).

Kaspersky membagikan tips bagi penjual dan pembeli HP bekas. Bagi para penjual, prioritas utama adalah mengeluarkan informasi dari perangkat yang dijual, sehingga Anda dapat menjaganya tetap aman dan pribadi.

  1. Cadangkan data Anda baik itu di ponsel, komputer, kartu memori, maupun bentuk penyimpanan lain, cadangkan dengan aman sebelum menghapusnya dari perangkat yang Anda jual.
  2. Lepaskan SIM dan kartu penyimpanan dari telepon; hapus eSIM jika perangkat Anda
    menggunakan itu.
  3. Aktifkan autentikasi dua faktor untuk akun apa pun yang mengizinkannya, lalu keluar dari setiap layanan (perbankan, email, media sosial, dll.) di setiap perangkat yang Anda jual.
  4. Bergantung pada perangkat terkait, lakukan reset pabrik atau format media.
  5. Ingatlah bahwa dalam banyak situasi, data dapat dipulihkan bahkan setelah reset pabrik atau format media. Untuk memastikan tidak ada yang tersisa di perangkat, Anda perlu melakukan langkah tambahan, yang bervariasi tergantung pada jenis perangkat, model, dan konfigurasi.
  6. Lakukan pencarian informasi tentang penghapusan data secara keseluruhan dengan aman.

Sementara, saran untuk pembeli HP bekas harus menganggap bahwa perangkat bekas itu tidaklah bersih. Lebih baik aman daripada menyesal.

  1. Bergantung pada perangkat yang dimaksud, lakukan reset pabrik atau format media penyimpanan.
  2. Segera instal dan aktifkan solusi keamanan yang andal. Jika mungkin, bahkan sebelum membeli perangkat - untuk mengimbangi risiko menghadapi malware yang sudah ada di perangkat, dan lakukan pemindaian sebelum menggunakannya untuk pertama kalinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper