MNC Group Tertarik Kembangkan 5G di Frekuensi 2,6 GHz

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 25 Januari 2021 | 12:49 WIB
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G./REUTERS-Yves Herman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT MNC Investama Tbk. atau MNC Group menyatakan minat untuk mengembangkan layanan internet cepat 5G di pita frekuensi 2,6 GHz.

Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution mengakui perseroan sempat mengutarakan minat untuk menggelar 5G kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

MNC Group menjajaki pergelaran 5G di pita frekuensi 2,6 GHz yang saat ini sedang digunakan oleh anak usaha mereka PT MNC Sky Vision Tbk. untuk aktivitas penyiaran. Adapun, perseroan saat ini menggunakan pita sebesar 150 MHz di pita 2,6 GHz. MNC mengantongi izin stasiun radio (ISR).

“Baru bicara saja [dengan Kemenkominfo] Minat sih ada tetapi kami belum sampai ke sana. Penjajakan. Rencananya itu [2,6 GHz] yang kami lihat,” kata Syafril kepada Bisnis.com, Senin (25/1/2021).

Adapun mengenai informasi lain seputar rencana tersebut, Syarfril belum dapat menceritakan karena masih dibahas.

Untuk diketahui, secara ekosistem, pita 2,6 GHz merupakan salah satu pita frekuensi yang paling banyak digunakan oleh negara-negara lain untuk menggelar 5G. Ekosistem di pita ini cukup matang, selain pita 3,5 GHz.

Laporan GSA juga menyebutkan bahwa hingga November 2020 terdapat sekitar 300 operator di dunia yang telah mendapat lisensi untuk gelar 5G.

Sebanyak 93 operator telah mengembangkan 5G di pita frekuensi tengah -- 3,3 GHz – 4,2 GHz – dan 102 operator masih dalam tahap uji coba. Sementara itu, di pita frekuensi 2,6 GHz terdapat 293 operator yang telah mendapat lisensi untuk gelar 4G dan 5G.

Dari sisi perangkat, Global mobile Suppliers Association (GSA) menyatakan jumlah perangkat seluler yang mendukung 5G di pita frekuensi 2,6 GHz, lima kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan perangkat yang mendukung 5G di pita 2,3 GHz.

Jumlah perangkat yang mendukung 5G di pita frekuensi 2,3 GHz sekitar 50 perangkat. Adapun jumlah perangkat seluler yang telah mendukung 5G di pita 26 GHz berjumlah 269 perangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper