Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PwC Indonesia Gandeng East Ventures Bangun Platform Kolaborasi

Tahun ini menghadirkan peluang menarik bagi ekosistem untuk menata ulang cara startup dalam berkolaborasi, berinovasi, dan bangkit kembali dengan lebih kuat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  06:36 WIB
Logo East Ventures
Logo East Ventures

Bisnis.com, JAKARTA – PwC Indonesia menggandeng East Ventures meluncurkan program PwC NextLevel sebagai platform kolaborasi antara startup, scale-up, korporasi, dan investor. 

Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan melalui penyediaan instrumen tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan skala bisnis secara efektif dan efisien dan menyatukan ekosistem.

“Kami yakin kemitraan ini akan memperkuat kapabilitas  perusahaan startup dengan mempertajam kompetensi mereka dalam pengelolaan perusahaan,  sehingga mereka bisa terus menumbuhkan perusahaannya dan siap menghadapi berbagai  perubahan di masa depan. Ekonomi digital Indonesia kini ada di posisi yang tepat, siap melambung  di dunia pasca Covid-19,” katanya lewat diskusi virtual, Selasa (19/1/2021).

Menurutnya, tahun ini dinilai menghadirkan peluang menarik bagi ekosistem untuk menata ulang cara mereka dalam berkolaborasi, berinovasi, dan bangkit kembali dengan lebih kuat. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah membuat perkembangan ekonomi digital Indonesia sedikit tertahan. 

Namun, di sisi lain, pandemi juga berdampak terhadap laju digitalisasi yang pesat. Untuk mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menuju era emas, startup harus fokus  meningkatkan kapabilitas mereka.

Dia mengatakan bahwa peluncuran program PwC NextLevel diawali dengan mengundang perusahaan startup, scale-up, dan korporasi untuk bergabung dengan sesi khusus yang berfokus pada topik-topik mendasar di bidang tax, accounting and finance, structuring, funding strategy, legal, valuation, dan IT.

Sesi ini nantinya mengedepankan pembelajaran kolaboratif di antara start-up, scale-up, korporasi, dan tenaga  profesional PwC Indonesia yang bertujuan melengkapi peserta dengan infrastruktur dan  fundamental yang tepat agar siap untuk berkembang.

Para start-up, scale-up, dan korporasi ini  kemudian akan berpartisipasi dalam latihan dan diskusi kolaboratif, yang mendukung interaksi  antara tim kami dan perusahaan-perusahaan terkemuka dalam ekosistem.

“Tahun ini, PwC NextLevel akan diikuti oleh 24 startup yang terbagi dalam dua gelombang yang terafiliasi dengan East Ventures,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan program gelombang pertama diikuti oleh 12 perusahan startup dan dimulai pada November—Desember 2020 untuk sesi-sesi yang didesain khusus.

Dia melanjutkan fase kolaborasi diadakan pada Januari—Juni 2021 dengan peserta dari Advotics, IDN Times, Katadata,  Komunal, Mekari, Nodeflux, Orami, Ruangguru, Sirclo, Stickearn, Waresix, dan Warung Pintar.

Entrepreneurial and  Private Business Leader PwC Indonesia Michael Goenawan mengatakan PwC NextLevel dirancang sebagai platform yang bertujuan untuk menciptakan nilai dan  meningkatkan kolaborasi di antara start-up, korporasi, dan investor.

Tak hanya itu, dia menjelaskan program startup ini dikelola  oleh PwC Academy dan Entrepreneurial & Private Business Group PwC Indonesia.

“Dengan program  ini, kami mendukung perusahaan startup dan scaleup yang inovatif dan berkembang pesat untuk  mewujudkan ambisinya. Kami percaya bahwa kami dapat turut membina masa depan perusahaan,” tutur Michael.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp pwc east ventures
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top