Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Manfaat dan Pentingnya VPN untuk Anda

VPN adalah solusi aman yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data melalui internet dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan data VPN berdasar tingkatan enkripsi.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  14:22 WIB
Gambar:unsplash.com
Gambar:unsplash.com

Bisnis.com, JAKARTA - Apabila Anda aktif menggunakan internet setiap harinya, maka penggunaan VPN (Virtual Private Network) sangat disarankan.

Pasalnya, saat ini VPN adalah satu-satunya teknologi yang berfungsi mengamankan koneksi internet dengan cara mengalihkan dan mengenkripsinya.

Telah ada berbagai macam aplikasi VPN untuk Android dan komputer. Beberapa diantaranya bahkan dilengkapi dengan fitur lengkap dan pengaturan yang dapat dipersonalisasi.

Meski tidak semua aplikasi VPN tersedia gratis, tetapi Anda dapat melakukan uji coba untuk mengetahui aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun sebelum itu, kiranya tidak ada salahnya perlu mengetahui apa itu VPN, manfaat, serta pentingnya bagi Anda seperti penjelasan dibawah ini.

Secara sederhana, bisa dibilang VPN adalah jaringan yang memungkinkan Anda tersambung ke internet secara pribadi, seperti arti kata VPN itu sendiri Virtual Private Network, yang dalam Bahasa Indonesia berarti jaringan pribadi virtual.

Banyak manfaat dari penggunaan layanan ini; Pertama, membuka akses situs yang dibatasi. Dengan VPN, IP asli Anda akan disembunyikan dan diubah sesuai dengan milik server VPN yang Anda gunakan.

Kedua, meningkatkan keamanan. VPN membuat jaringan Anda bersifat pribadi, sehingga sangat dibutuhkan perusahaan dan perbankan, karena pentingnya data mereka.

VPN Net atau jaringan VPN adalah solusi aman yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima data melalui internet dengan tetap menjaga privasi dan kerahasiaan data VPN berdasar tingkatan enkripsi.

Ketiga, menutup riwayat peramban. Karena VPN adalah jaringan pribadi, sehingga tidak ada orang yang dapat mengakses riwayat di peramban Anda.

Keempat, mengurangi gangguan koneksi. Dengan VPN, permasalahan  file corrupt saat sedang mengunduh atau mengunggah video tidak akan terjadi.

Kelima, terbebas dari pembatasan data. Biasanya, penyedia jaringan internet memberlakukan pembatasan jumlah akses data pada pengguna. Tapi dengan VPN, Anda dapat terhindar dari hal itu.

Keenam, membuka batasan geografis dan filter. VPN sangat bagus untuk mengakses situs web yang dibatasi atau untuk menembus filter internet.

Apakah VPN Legal dan Aman?

Penggunaan VPN bisa dikatakan merupakan tindakan yang legal. Karena kegunaan dan konsep VPN adalah menjadikan sambungan Anda pribadi, dan hal ini awam dilakukan pengguna internet yang sadar akan keamanan mereka.

Adapun terkait keamanan, setiap penyedia VPN mempunyai kekurangan dan tingkat keamanan yang berbeda. Jadi, perihal aman atau tidak tergantung dari jenis layanan VPN tersebut.

Meski begitu, ada beberapa hal yang mempengaruhi keamanan VPN, antara lain terkait teknologi yang terbatas dan regulasi yang diterapkan penyedia

Terkait faktor teknologi yang terbatas, beberapa penyedia VPN tidak memperbarui layanan protokol mereka sehingga rentan terhadap serangan. Adapun terkait regulasi, penyedia layanan VPN tetap wajib mematuhi regulasi tempat server beroperasi.

Oleh karena itu, ada beberapa penyedia yang menyimpan data pengguna untuk diserahkan pada negara. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dan membaca secara jelas ketentuan layanan penyedia VPN sebelum menggunakannya.

Cara penggunaan VPN pada komputer cukup mudah. Anda hanya perlu mengklik ikon ‘Network’ pada taskbar dan memilih ‘Network Settings’. Lalu, pilih VPN dan klik ‘Add a VPN Connection’ dan sesuaikan dengan preferensi yang diperlukan.

Ada pula cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi, seperti VPN android. VPN Android adalah aplikasi VPN yang disediakan untuk sistem operasi Android.

Ada berbagai penyedia layanan VPN, termasuk VPN untuk Android. Anda perlu memilih penyedia yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain perihal harga, terdapat alasan lain mengapa seseorang memilih suatu layanan VPN karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat memilih VPN untuk Android, antara lain : Pertama, Protokol. Penyedia VPN yang baik akan menawarkan berbagai jenis protokol VPN.

Kedua,  periksa enkripsi yang mereka gunakan untuk jaringan VPN. Ketiga, server. Apabila Anda ingin mengakses aplikasi media tanpa pembatasan geografis, maka layanan server yang berlokasi di benua Amerika dan Eropa sangat berguna.

Keempat, pembatasan bandwidth. Hindari VPN yang memberlakukan pembatasan bandwidth, kecuali jumlahnya besar. Kelima, penyimpanan data. Kebanyakan VPN tidak menyimpan catatan aktivitas pengguna tetapi Anda perlu memastikan hal ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi keamanan siber
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top