Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Situs Baca Komik Online Legal Gratis Hingga Berbayar

Komik ilegal biasanya merupakan hasil dari scanslation atau manga scan. Tentunya manga scan dianggap sebagai pembajakan dari komik aslinya dan merugikan para komikus.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 30 Desember 2020  |  16:52 WIB
 Manga Boruto 4 - Istimewa
Manga Boruto 4 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang, komik bukan hanya tersedia dalam bentuk cetak, melainkan juga tersedia dalam bentuk digital. Akan tetapi banyak sebagian besar situs komik menyediakan komik ilegal.

Komik ilegal biasanya merupakan hasil dari scanslation atau manga scan. Tentunya manga scan dianggap sebagai pembajakan dari komik aslinya dan merugikan para komikus.

Bagi Anda yang ingin mengapresiasi karya para komikus, Anda dapat membaca mereka secara legal. Berikut 8 situs baca komik legal untuk para penggemar komik:

1. Tapas
Tapas adalah tempat berkumpulnya para komik yang telah menerbitkan 86.000 cerita. Anda bisa menemukan banyak cerita dengan berbagai genre, mulai dari komedi, horor, slice of slice, romantis, hingga science fiction.

Bukan hanya itu, Tapas juga merupakan platform penerbitan sosial untuk komik web dan novel web, tempat siapa pun dapat membaca cerita atau membuat dan berbagi cerita.

Tapas menyediakan banyak komik yang bisa dibaca secara gratis dan juga premium berbayar. Untuk komik premium ditandai dengan ikon gembok kecil dan dapat dibuka dengan Tapas Ink. Saat ini Tapas tersedia di situs resmi, yaitu tapas.io.

Tapas juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat dunduh oleh pengguna Android, dan iOS.

2. Manga Plus
Jika Anda ingin membaca manga online, gratis dan ingin mengapresiasi komikus, Manga Plus adalah jawabannya. Situs ini disediakan oleh peneribit majalah terkenal, yaitu Shueisha.

Bukan hanya itu, koleksi dari Manga Plus juga salah satu tempat baca manga yang merilis tiap minggu. Sehingga Anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk membaca kelanjutan dari komik kesayangan Anda.

Selain itu, Anda dapat membaca semua jenis koleksi komik secara gratis. Anda hanya perlu mengaskes situs resmi Manga Plus, yaitu mangaplus.shueisha.co.jp

Manga Plus juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat dunduh oleh pengguna Android, dan iOS.

3. Marvel Unlimited
Berikutnya adalah platform digital dari Marvel Unlimited yang menawarkan lebih dari 28.000 komik Marvel. Komik yang tersedia telah dipilih sebagai judul favorit.

Marvel Unlimited juga menambahkan komik baru setiap minggu dengan judul baru yang ditambahkan setiap minggu.

Anda bisa membaca komik Marvel secara gratis dan berbayar. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari US$69/tahun hingga US$99/tahun dengan ditambah pajak. Marvel Unlimited dapat Anda unduh dari iTunes atau Google Play.

4. Crunchyroll
Situs ini merupakan salah satu penyedia koleksi manga dan anime. Crunchyroll memiliki banyak koleksi manga populer, seperti Attack on Titan, The Grim Reaper dan masih banyak lainnya.

Crunchyroll menyediakan komik secara gratis. Namun, ada beberapa komik dengan sistem berlangganan premium berbayar, mulai dari harga US$7,99 atau sekitar Rp112 ribu untuk setiap bulannya.

Bagi Anda yang ingin mencobanya terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan free trial selama dua minggu.

5. Ragasukma
Situs komik berikutnya adalah Ragasukma. Rumah berkumpulnya karya-karya yang mendongengkan kisah para Pendekar di jagad persilatan Nusantara. Ragasukma menampung karya rupa seperti komik dan karya sastra seperti novel berkualitas, dan menjualnya dalam bentuk fisik maupun digital.

Saat ini, Ragasukma hanya menyediakan komik hasil karya sebelas pendekar komikus baik yang berbayar maupun yang dapat dibaca gratis.

6. Book Walker
Selanjutnya Book Walker yang merupakan situs milik Kadokawa. Di situs tersebut, Anda bisa membeli dan membaca digital manga dan light novel.

Anda bisa menemukan beragam genre mulai dari drama, komedi, aksi, horor, hingga fantasi. Selain itu, Book Walker menyajikan beberapa komik gratis.

Anda hanya perlu membaca melalui situs resmi Book Walker atau mengunduhnya di App Store dan Google Store.

7. Webtoon
Platform berikutnya adalah Webtoon. Tentu platform ini sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar komik.

Webtoon adalah layanan komik digital gratis yang memungkinkan Anda untuk menikmati bacaan yang beragam dari kreator-kreator komik baik dalam maupun luar negeri.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Webtoon yang tersedia di Apple App Store dan Google Play Store. Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya melalui situs resmi Webtoon.

Anda dapat mengunduh episode dengan aplikasi di perangkat seluler agar Anda dapat membaca Webtoon kapan dan di mana saja. Layanan baca komik asal Korea ini tercatat sudah lebih dari 64 juta pembaca dari seluruh dunia.

Bahkan saking populernya platform ini, sudah banyak beberapa judul komik yang diadaptasi dari Webtoon, seperti Sweet Home, True Beauty, My ID is Gangnam Beauty dan masih banyak lagi.

8. KakaoPage
Terakhir adalah KakaoPage yang menggunakan sistem poin yang nantinya bisa ditukar untuk membeli koin dan membaca komik.

Sama seperti Webtoon, koleksi dari KakaoPage juga sudah ada yang diadaptasi dalam bentuk drama, seperti Itaewon Class.

KakaoPage juga dilengkapi dengan fitur unduh, jadi Anda bisa membaca komik secara offline. Koleksi yang ditawarkan dapat Anda temukan di situs resmi KakaoPage ataupun aplikasi yang diunduh di App Store dan Google Store.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komik
Editor : Lukas Hendra TM
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top