Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bermain Game jadi Tren di Masa Pandemi, MPL Perkenalkan Konsep Baru

Mengingat saat ini angka penyebaran masih tinggi, pemerintah juga masih menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah di Indonesia. Penduduk di Indonesia diharapkan untuk mematuhi peraturan PSBB dengan melakukan aktivitas di rumah dan mematuhi protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  17:56 WIB
Game MPL
Game MPL

Bisnis.com, JAKARTA – Bermain game seru dapat menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan di rumah akibat pandemi.

Mengingat saat ini angka penyebaran masih tinggi, pemerintah juga masih menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah di Indonesia. Penduduk di Indonesia diharapkan untuk mematuhi peraturan PSBB dengan melakukan aktivitas di rumah dan mematuhi protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah.

Salah satu bentuk hiburan yang banyak dipilih masyarakat dalam masa pandemi ini adalah bermain game online yang mencapai 16,5 % berdasarkan data yang dikeluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 9 November 2020. Bahkan berdasarkan data yang didapatkan dari Newzoo Global Games Market Report 2020 jumlah pendapatan dari mobile gaming secara global pada tahun 2020 bertambah sebesar 13% dan untuk pemain game online sendiri akan melebihi 3 milyar pemain hingga tahun 2023.

Sementara, berdasarkan data dari Statista ada 50,8 juta pengguna mobile game di 2020. Hal tersebut tidak lepas dari imbas kebijakan work from home (WFH) dan belajar di rumah. Alhasil membuat penggunaan dan unduhan aplikasi game online melonjak, bahkan diprediksi akan meningkat sebanyak 21,6 persen di 2025.

Ridzki Syahputera, Country Head MPL Indonesia mengatakan, mereka memperkenalkan mobile game dengan mekanisme yang dapat dikatakan belum ada di Indonesia sebelumnya.

Menurutnya, di MPL, selain para pemain dapat mengasah ketrampilan bermain, koordinasi tangan, mata dan adu strategi, mereka juga dapat mengumpulkan hasil kemenangan di setiap turnamen yang diikuti menjadi saldo di Gopay/LinkAja. Dengan demikian mereka dapat langsung menikmati hasil jerih payah mereka secara nyata.

Ridzki menjelaskan ada berbagai macam pilihan permainan di MPL seperti Fruit Dart, Archery dan Sepak Bola yang dapat dikategorikan sebagai games casual atau ada juga game klasik seperti Bloxsmash yang mirip dengan Tetris, Pool atau biliard dan juga chess games catur konvensional. Yang tak kalah menarik adalah Onet, TTS & XOXO Mania yang merupakan hasil dari karya games developer lokal.

Dia mengatakan MPL merupakan aplikasi mobile game yang berbasis reward dengan lebih dari 30+ pilihan permainan dan juga fitur fantasy. Semua permainan yang tersedia akan menguji ketangkasan pemain, pemain akan diminta untuk bertanding dan pemenangnya akan mendapatkan reward bernama "Berlian Kemenangan”. Berlian kemenangan tersebut dapat ditukarkan langsung menjadi saldo uang elektronik GoPay dan LinkAja!

"Jika kehabisan pulsa dan kamu merasa tidak nyaman untuk keluar rumah, jangan khawatir! Karena di fitur MPL Mall Anda dapat membeli pulsa dengan menggunakan Berlian Kemenangan," ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game video game
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top