Tranfsormasi Digital BPKP Raih TOP Digital Awards 2020

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 22 Desember 2020 | 20:30 WIB
Tranfsormasi Digital BPKP Raih TOP Digital Awards 2020
Tranfsormasi Digital BPKP Raih TOP Digital Awards 2020
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memperoleh penghargaan sebagai instansi dengan kategori TOP Digital 2020 #Level Stars 4 (Sangat Baik) dalam ajang TOP Digital Awards Tahun 2020.

Hal tersebut didapat setelah BPKP terbukti berhasil menerapkan transformasi digital pengawasan nasional secara menyeluruh walaupun ditengah Pandemi Covid-19.

Kepala BPKP, Dr. Muhammad Yusuf Ateh didaulat sebagai TOP Leader on Digital Implementation 2020 dalam acara tersebut. Ateh mengatakan, sejak awal BPKP berkomitmen dalam menyelenggarakan transformasi digital secara terpadu, yang salah satunya dipicu oleh Pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini telah menuntut teknologi informasi mengambil peran utama dalam transformasi pengawasan nasional di BPKP, termasuk dalam membina Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah daerah,” katanya dikutip dari keterangan tertulisnya.

Menurutnya, tranformasi digital nasional pengawasan harus dilakukan secara bersamaan dan komprehensif sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat terutama dalam pananganan Covid-19, pemberian jaring pengaman sosial (JPS), dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas), Rudy M. Harahap, PhD. juga menyabet penghargaan kategori TOP CIO (Chief Information Officer) on Digital Implementation 2020. Dimana dirinya menyampaikan gagasan yang berjudul “Bagaimana BPKP Menggerakkan Transformasi Pengawasan Intern Nasional Melalui Transformasi Digital?”.

Menurut dia, pengembangan dan penggunaan teknologi informasi di BPKP difokuskan pada solusi yang terintegrasi, mulai dari otentikasi, penggunaan data yang terpusat, berbagi-pakai data, pengelolaan risiko, serta penyimpanan data.

“Saat ini, seluruh unit di BPKP (kantor pusat, kantor Pusdiklatwas, dan 34 kantor perwakilan BPKP di seluruh ibukota provinsi) telah terhubung melalui koneksi WAN yang didukung data center dan Disaster Recovery Center (DRC). BPKP juga telah memiliki sistem informasi terpusat terkait dengan pengelolaan SDM, kinerja organisasi, dan business management system (SIMA),” ucapnya.

Dalam ajang TOP Digital Awards 2020 ini, BPKP dinilai telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain information technology (IT) governance yang sangat baik, yaitu aspek kebijakan, organisasi, penerapan sistem, dan prosedur.

Implementasi teknologi digital di BPKP dianggap berhasil dan terpadu di hampir semua unit kerja serta berdampak signifikan terhadap kinerja, daya saing, dan layanan terhadap masyarakat. Infrastruktur teknologi digital BPKP juga telah tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper