Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desember 2020 Punya Fenomena Hari Terpanjang

Karena, ukuran siang dan malam bagi orang awam adalah waktu atau jam. Semisal, pagi hari dihitung sejak pukul 06.00 WIB-09.00 WIB pagi, siang pukul 10.00 WIB-14.00 WIB, sore pukul 14.00-18.00 WIB dan malam pukul 19.00 WIB-00.00 WIB
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  15:34 WIB
Planet Matahari
Planet Matahari

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti hanya tahu jika hari itu berjalan selama 24 jam. Tanpa pernah menyadari berapa panjang waktu siang hari atau saat matahari bersinar terang, dan saat malam tiba.

Karena, ukuran siang dan malam bagi orang awam adalah waktu atau jam. Semisal, pagi hari dihitung sejak pukul 06.00 WIB-09.00 WIB pagi, siang pukul 10.00 WIB-14.00 WIB, sore pukul 14.00-18.00 WIB dan malam pukul 19.00 WIB-00.00 WIB.

Para astronom menggunakan istilah hari matahari untuk menggambarkan lamanya waktu dalam sehari. Hari matahari adalah waktu dari satu matahari tengah hari ini atau tengah hari ke matahari berikutnya.

Ini adalah interval antara hari-hari berturut-turut yang ditandai dengan titik tertinggi matahari di langit kita. Jika Anda melihat suatu hari dengan cara itu, Anda dapat mengatakan bahwa hari-hari terpanjang dalam setahun datang setiap titik balik matahari pada Desember. Ini terjadi di mana pun Anda tinggal di dunia.

Bingung? Bukankah hari terpendek di titik balik matahari musim dingin? Sekali lagi, ini bukan soal periode siang hari. Kita berbicara tentang (kira-kira) interval 24 jam dari satu siang matahari ke siang berikutnya. Pada bulan Desember, satu hari atau satu rotasi Bumi relatif terhadap matahari siang sekitar 1/2 menit lebih lama dari rata-rata 24 jam, untuk seluruh dunia.

Ingatlah bahwa jam di dinding kita tidak mengukur panjang hari sebenarnya, yang diukur dari siang hingga siang hari. Untuk mengukur hari seperti itu, Anda membutuhkan jam matahari. Jam matahari akan memberi tahu Anda momen tepat dari tengah hari matahari setempat, saat matahari mencapai titik tertingginya setiap hari.

Hari selalu lebih lama, diukur dari satu siang matahari ke siang hari berikutnya dari 24 jam sekitar titik balik matahari, dan kurang dari 24 jam sekitar titik balik matahari.

Saat Desember, hari cenderung lebih lama karena kita lebih dekat ke matahari daripada saat titik balik matahari bulan Juni. Titik balik matahari pada tahun 2020 datang pada 21 Desember.

Perihelion bumi titik terdekat dengan matahari selalu muncul pada awal Januari. Saat kita paling dekat dengan matahari, planet kita bergerak sedikit lebih cepat dari rata-rata dalam orbitnya. 

Itu berarti planet kita melakukan perjalanan melalui ruang angkasa sedikit lebih jauh dari rata-rata setiap hari. Hasilnya adalah Bumi harus berputar lebih banyak pada porosnya agar matahari kembali ke posisi tengah hari. Makanya hari matahari menjadi lebih panjang.

Dan kemudian dua minggu setelah titik balik matahari Desember, tengah hari datang sekitar tujuh menit lebih lambat dari pada titik balik matahari Desember itu sendiri.

Di Belahan Bumi Utara, matahari terbenam paling awal dalam satu tahun sebelum titik balik matahari musim dingin bulan Desember, dan matahari terbit terakhir tahun tersebut terjadi setelah titik balik matahari musim dingin bulan Desember. Matahari terbenam paling awal datang lebih awal pada bulan Desember bagi kebanyakan dari kita; matahari terbit terakhir tidak akan datang hingga awal Januari.

Di Belahan Bumi Selatan, matahari terbit paling awal dalam satu tahun sebelum titik balik matahari musim panas di bulan Desember, dan matahari terbenam terbaru tahun tersebut datang setelah titik balik matahari musim panas bulan Desember.

Fakta bahwa kita paling dekat dengan matahari pada awal Januari juga berarti musim dingin di Belahan Bumi Utara (musim panas Belahan Bumi Selatan) adalah yang terpendek dari empat musim. Karena itu, saat ini adalah musim dengan hari-hari matahari yang sangat panjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumi matahari
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top