Titik Balik Matahari Terjadi Bulan Ini, jadi Hari Terpanjang Untuk Belahan Bumi Utara

Desyinta Nuraini
Rabu, 9 Desember 2020 | 14:51 WIB
Planet Matahari
Planet Matahari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Matahari terbit paling awal terjadi minggu ini di belahan Bumi Selatan, menuju hari terpanjang dalam setahun pada titik balik matahari.

Melansir Earth Sky, Rabu (9/12/2020), lebih dekat ke lingkaran Arktik dan Antartika, matahari terbenam paling awal dan matahari terbit paling awal terjadi lebih dekat dengan titik balik matahari. Tanggal pasti matahari terbenam paling awal di belahan Bumi Utara dan matahari terbit paling awal di belahan Bumi Selatan bervariasi menurut garis lintang. 

Namun, di lintang sedang, kedua ciri khas tahunan di langit kita ini muncul hingga beberapa minggu sebelum titik balik matahari bulan Desember, bukan pada titik balik matahari seperti yang Anda duga.

Titik balik matahari pada tahun 2020 datang pada 21 Desember dan menandai awal tidak resmi untuk musim dingin di belahan Bumi Utara. Untuk belahan bumi ini, titik balik matahari yang akan datang menghadirkan siang dan malam terpanjang dalam setahun.

Mengapa matahari terbenam paling awal bukan hari terpendek dalam setahun? Itu karena perbedaan antara jam dan matahari. Sebuah jam berdetak tepat 24 jam dari satu siang ke berikutnya. Tapi hari yang sebenarnya, yang diukur dengan perputaran bumi, dari apa yang disebut satu "siang matahari" ke hari berikutnya,  jarang sama persis dengan 24 jam.

Siang hari juga disebut tengah hari. Ini mengacu pada momen ketika matahari mencapai titik tertinggi untuk hari itu. Di bulan Desember, periode waktu dari satu siang matahari ke siang hari berikutnya sebenarnya lebih lama setengah menit dari 24 jam. 
Pada 7 Desember kemarin, matahari mencapai posisi tengah hari pada pukul 11:52 waktu standar setempat. Dua minggu kemudian atau pada titik balik matahari musim dingin, matahari akan mencapai posisi tengah hari sekitar pukul 11:59. Itu lebih lambat 7 menit dari pada 7 Desember.

Seperti yang bisa Anda duga, matahari terbit dan terbenam terbaru juga tidak pada hari titik balik matahari. Untuk garis lintang tengah di belahan bumi utara, matahari terbit terbaru datang pada awal Januari.

Jadi ada variasi tanggal pastinya, tetapi urutannya selalu sama untuk kedua belahan bumi. Pertama, matahari terbenam paling awal sebelum titik balik matahari musim dingin, titik balik matahari musim dingin itu sendiri, matahari terbit terakhir setelah titik balik matahari musim dingin. 
Kedua, setengah tahun kemudian yakni matahari terbit paling awal sebelum titik balik matahari musim panas, titik balik matahari musim panas itu sendiri, dan matahari terbenam terakhir.

Matahari terbit dan terbenam paling awal dan terbaru adalah fenomena indah yang terjadi di sekitar setiap titik balik matahari. Orang-orang di seluruh dunia memperhatikan mereka dan sering bertanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper