Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bocoran Mobil Listrik Swakemudi yang Bakal Dikembangkan Apple

Salah seorang petinggi Apple yang pernah bekerja di Tesla Inc, Doug Field, pernah melihat kembali Project Titan pada 2018, kemudian memecat 190 orang dari tim tersebut pada 2019.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  14:23 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg -  Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan mobil listrik global makin panas, Apple Inc. dikabarkan akan ikut memproduksi mobil listrik swakemudi pada 2024.

Melansir The Verge pada Selasa (22/12/2020), mobil tersebut sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2014 lewat sebuah proyek rahasia bernama Project Titan. Menurut sumber yang dirahasiakan , proyek tersebut sempat ditarik atau dihentikan untuk peninjauan ulang oleh Apple.

Salah seorang petinggi Apple yang pernah bekerja di Tesla Inc, Doug Field, pernah melihat kembali Project Titan pada 2018, kemudian memecat 190 orang dari tim tersebut pada 2019.

Sejak tahun lalu, Apple dikabarkan mulai menghidupkan lagi rencana membuat mobil swakemudi, mengedepankan teknologi baterai yang bisa mengurangi ongkos produksi baterai dan meningkatkan jangkauan kendaraan.

Masih belum jelas siapa yang akan merakit mobil buatan Apple, namun, sumber yang dirahasiakan tersebut mengatakan Apple akan menggunakan mitra manufaktur untuk membuat kendaraan.

Pilihan lainnya, Apple menyediakan sistem kemudi otonom untuk dipakai di mobil buatan perusahaan otomotif tradisional, namun, mobil tersebut tidak menggunakan merek Apple.

Apple disebut akan memasukkan sistem lidar untuk memindai jarak, sensor lidar ini sudah digunakan di iPhone 12 Pro dan iPad Pro. Mereka berencana untuk mengembangkan sendiri sensor lidar.

Untuk baterai, Apple akan menggunakan tipe "monocell" yang bisa memuat lebih banyak material aktif sehingga jangkauan mobil bisa lebih panjang. Apple kini sedang memeriksa lithium iron phosphate, yang tidak cepat panas sehingga relatif lebih aman dibandingkan baterai lithium-ion.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple Mobil Swakemudi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top