Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Nih! 6 Smartwatch Terbaik 2020

Smartwatch di tahun 2020 telah menawarkan beragam jenis. Berikut rangkuman 6 smartwatch terbaik di tahun 2020 berdasarkan fungsi, harga, dan kompatibilitas.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 16 Desember 2020  |  10:44 WIB
CEO Apple Tim Cook memperkenalkan jam tangan pintar terbaru Apple yang diluncurkan di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, Rabu (12/9). - Reuters/Stephen Lam
CEO Apple Tim Cook memperkenalkan jam tangan pintar terbaru Apple yang diluncurkan di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, AS, Rabu (12/9). - Reuters/Stephen Lam

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartwatch atau jam tangan pintar. Pertimbangan ini nantinya berguna dalam memenuhi kegiatan sehari-hari.

Sebuah smartwatch harus dapat dilengkapi dengan fitur yang memadai, mulai dari pemantauan detak jantung, pelacakan aktivitas, notifikasi, hingga pelacakan GPS.

Smartwatch di tahun 2020 telah menawarkan beragam jenis. Dikutip Cnet.com, berikut Bisnis.com rangkum 6 smartwatch terbaik di tahun 2020 berdasarkan fungsi, harga, dan kompatibilitas untuk membantu Anda memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Apple Watch Series 6
Apple Watch Series 6 mungkin pilihan yang paling mahal, tetapi smartwatch satu ini adalah standar emas.

Apple Watch Series 6 memiliki semua fitur dari pendahulunya ditambah dengan beberapa fasilitas baru, seperti layar retina selalu aktif (layar selalu menyala) dan sensor baru yang mengukur kadar oksigen dalam darah.

Apple Watch Series 6 juga satu-satunya smartwatch keluaran Apple dengan memuat aplikasi elektrokardiogram (ECG atau EKG). Smartwatch ini dapat memantau jantung dan memberi tahu jika detaknya tidak biasa.

Dengan Apple Watch Series 6, Anda bisa menikmati hidup yang lebih sehat, aktif, dan terhubung dengan mudah.

Apple Watch Series 6 dibanderol mulai dari 399 dolar AS atau setara Rp5,64 juta (kurs 14.175) untuk versi 40mm, dan versi 44mm mulai dari 429 dolar AS atau setara Rp6,07 juta.

2. Apple Watch SE
Masih dari keluaran Apple, jika Anda belum pernah memiliki Apple Watch, smartwatch jenis inilah yang bisa Anda dapatkan.

Apple Watch SE adalah alternatif yang lebih murah untuk Series 6 dengan banyak fitur hebat yang sama ditambah masa pakai baterai yang sedikit lebih lama.

Selain dari sensor kesehatan ekstra (ECG dan SpO2), perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah bahwa SE tidak memiliki tampilan yang selalu menyala.

Apple Watch SE dibanderol mulai dari 279 dolar AS atau setara Rp3,95 juta untuk versi 40mm, dan versi 44mm mulai dari 309 dolar AS atau setara Rp4,37 juta.

3. Fitbit Versa 3
Fitbit Versa 3 kompatibel dengan ponsel iOS dan Android dan memungkinkan Anda memilih antara Alexa atau Google Assistant sebagai asisten suara.

Smartwatch ini tidak menawarkan semua aplikasi dan fitur pintar seperti beberapa pesaingnya, tetapi Fitbit Versa 3 lengkap dengan banyak fitur kesehatan dan kebugaran, seperti GPS dan pemberitahuan zona detak jantung langsung.

Selain itu, Fitbit Versa 3 bisa membuat jam tidur menjadi baik (best sleep tracker), memberi rincian data SpO2 dan suhu tubuh dalam semalam (pengguna Fitbit Premium).

Daya tahan baterai pada Fitbit Versa 3 juga lebih baik daripada jenis smartwatch lain. Fitbit Versa 3 dibanderol 229.95 dollar AS atau setara Rp3,25 juta.

4. Samsung Galaxy Watch Active 2
Smartwatch keluaran Samsung Galaxy Watch Active 2 menawarkan hampir semua fitur yang sama dengan Galaxy Watch 3 baru.

Di dalamnya terdapat aplikasi ECG dan deteksi jatuh. Active 2 tidak terlalu mencolok seperti Watch 3 dengan bezel yang berputar secara fisik dan bingkai yang lebih tebal, tetapi tidak terlalu besar dan lebih nyaman dipakai di malam hari dan selama latihan.

Active 2 dapat menangani panggilan masuk, teks dan notifikasi aplikasi, dan menawarkan dukungan Spotify serta semua fitur kebugaran dasar yang Anda perlukan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan edisi LTE dari smartwatch ini, yaitu dapat menerima panggilan saat dalam perjalanan tanpa ponsel Android.

Samsung Galaxy Watch Active 2 dibanderol 179 dollar AS atau setara Rp2,53 juta.

5. Garmin Venu Sq
Jika Anda tengah mencari jam tangan yang berfokus pada kebugaran tanpa terlalu banyak gangguan, serta berfungsi dengan Android dan iOS, Garmin Venu Sq adalah jam tangan yang tepat.

Smartwatch ini memiliki GPS built-in, banyak pilihan latihan untuk dipilih, dan banyak data tentang latihan seperti zona detak jantung dan dinamika lari di aplikasi seluler.

Garmin Venu Sq juga berfungsi sebagai pelacak kesehatan dengan peringatan detak jantung tinggi dan rendah, analisis tidur komprehensif, dan pelacakan SpO2.

Selain itu, smartwatch ini dapat mengukur tingkat oksigen darah sesuai permintaan, atau secara otomatis sepanjang hari dan malam seperti Apple Watch Series 6 terbaru, tetapi dengan setengah harga.

Jam tangan ini memiliki bingkai plastik, dan layarnya tidak sebesar atau semarak yang ada di beberapa jam tangan lain.

Garmin Venu Sq dibanderol 199.99 dollar AS atau setara Rp2,83 juta.

6. Amazfit Bip S
Terakhir, jika Anda tengah mencari smartwatch dengan harga murah namun fitur memadai, maka Amazfit Bip S adalah pilihannya.

Cukup mengeluarkan uang 70 dollar AS atau setara dengan Rp1,12 juta, Anda sudah bisa perangkat yang sudah memiliki kompatibel dengan perangkat Android dan iOS ini.

Smartwatch ini bisa memeriksa sebagian besar kotak masuk juga memiliki fitur sensor detak jantung, tampilan selalu aktif, pelacakan GPS internal, dan masa pakai baterai terbaik dari perangkat apa pun di daftar ini.

Anda bisa mendapatkan hingga 40 hari penggunaan dengan biaya, atau sekitar dua minggu penggunaan berat dengan GPS menyala dan kecerahan dinaikkan (waktu yang masih di atas dan di luar waktu lainnya).

Untuk tampilan, Amazfit Bip S memiliki model casing plastik dan layarnya tidak secerah atau responsif seperti yang ada di Galaxy dan Apple Watch.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartwatch Apple Watch
Editor : Lukas Hendra TM
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top