Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Samsung, Kini Huawei Pertimbangkan Hilangkan Charger

Setelah Samsung dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk menghilangkan charger, kini Huawei akan melakukan hal yang sama.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 Desember 2020  |  06:55 WIB
Kehadiran Huawei P40 Pro membawa pengguna pada era baru fotografi yang visioner. /Huawei
Kehadiran Huawei P40 Pro membawa pengguna pada era baru fotografi yang visioner. /Huawei

Bisnis.com, JAKARTA – Apple sepertinya memulai tren baru dalam industri ponsel pintar dengan menghilangkan adaptor pengisi daya (charger) dalam kemasannya.

Setelah Apple, Samsung dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk mengikuti langkah Apple tersebut. Kini, Huawei tampaknya akan melakukan hal yang sama.

Dilansir dari phonearena.com, laporan ITHome (via GizmoChina) menunjukkan bahwa produsen ponsel asal China itu sedang melakukan survei untuk menanyakan seberapa penting aksesoris ponsel, termasuk earphone dan kabel charger tipe C dibeli dalam satu kemasan bersama.

Pertanyaan lainnya adalah kisaran harga yang akan dibebankan kepada konsumen jika sebuah ponsel dikirim tanpa adaptor pengisi daya. Huawei juga menanyakan tentang apakah ketiadaan charger akan mempengaruhi keputusan untuk membeli produknya.

Meski survei tersebut tidak menunjuk secara jelas mengenai ponsel pintar, tetapi sejumlah rumor yang mengemuka menyebutkan bahwa kemungkinan besar Huawei akan mengikuti langkah iPhone.

Hal yang sama dilakukan Apple sebelum memutuskan untuk menghilangkah charger dalam kemasan iPhone. Produsen gawai asal Cupertino, Amerika Serikat, juga melakukan survei yang menanyakan apa yang dilakukan konsumen dengan charger lama mereka yang kemudian diikuti dengan menghilangkan power adapter dari Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE.

Apple mengklaim upaya tersebut merupakan bagian dari kampanye lingkungan, meski tak menyangkal bahwa hal itu memangkas biaya operasional dan memacu pendapatan.

Jika Huawei dan Samsung nantinya mengaplikasikan langkah ini, maka tidak butuh waktu lama hingga semua produsen ponsel pintar akan melakukan hal serupa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung apple huawei charger
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top