Setelah Samsung, Kini Huawei Pertimbangkan Hilangkan Charger

Amanda Kusumawardhani
Rabu, 16 Desember 2020 | 06:55 WIB
Kehadiran Huawei P40 Pro membawa pengguna pada era baru fotografi yang visioner. -Huawei
Kehadiran Huawei P40 Pro membawa pengguna pada era baru fotografi yang visioner. -Huawei
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple sepertinya memulai tren baru dalam industri ponsel pintar dengan menghilangkan adaptor pengisi daya (charger) dalam kemasannya.

Setelah Apple, Samsung dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk mengikuti langkah Apple tersebut. Kini, Huawei tampaknya akan melakukan hal yang sama.

Dilansir dari phonearena.com, laporan ITHome (via GizmoChina) menunjukkan bahwa produsen ponsel asal China itu sedang melakukan survei untuk menanyakan seberapa penting aksesoris ponsel, termasuk earphone dan kabel charger tipe C dibeli dalam satu kemasan bersama.

Pertanyaan lainnya adalah kisaran harga yang akan dibebankan kepada konsumen jika sebuah ponsel dikirim tanpa adaptor pengisi daya. Huawei juga menanyakan tentang apakah ketiadaan charger akan mempengaruhi keputusan untuk membeli produknya.

Meski survei tersebut tidak menunjuk secara jelas mengenai ponsel pintar, tetapi sejumlah rumor yang mengemuka menyebutkan bahwa kemungkinan besar Huawei akan mengikuti langkah iPhone.

Hal yang sama dilakukan Apple sebelum memutuskan untuk menghilangkah charger dalam kemasan iPhone. Produsen gawai asal Cupertino, Amerika Serikat, juga melakukan survei yang menanyakan apa yang dilakukan konsumen dengan charger lama mereka yang kemudian diikuti dengan menghilangkan power adapter dari Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE.

Apple mengklaim upaya tersebut merupakan bagian dari kampanye lingkungan, meski tak menyangkal bahwa hal itu memangkas biaya operasional dan memacu pendapatan.

Jika Huawei dan Samsung nantinya mengaplikasikan langkah ini, maka tidak butuh waktu lama hingga semua produsen ponsel pintar akan melakukan hal serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper