Potensi Pasar Pangkalan Data Diprediksi Cerah

Akbar Evandio
Selasa, 15 Desember 2020 | 20:46 WIB
Komputasi awan/Istimewa
Komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar pangkalan data dinilai makin gencar dibangun seiring perkembangan ekonomi digital Tanah Air.

Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), Ian Joseph Matheus Edward mengatakan bahwa adaptasi komputasi awan menuntut operator pangkalan data untuk menyediakan infrastruktur yang siap melayani.

“Pemain pangkalan data di Indonesia sesuai dengan permintaan ataupun kontrak yang ada, jadi mereka selalu melihat demand yang ada. Mereka tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan volume data serta dalam memenuhi ekspektasi pasar yang makin meningkat terhadap pengalaman digital,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (15/12/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa saat ini pun potensi untuk membangun pangkalan data masih sangat besar. Pasalnya, hingga saat ini para pemain dinilai masih memiliki ruang ataupun peta jalan yang jelas untuk pertumbuhan pasar tersebut.

“Potensi lainnya membangun salah satu pangkalan data yang dekat calon Ibukota, yang jauh bencana alam dan sumberdaya listrik yang stabil. Saya kira [banyak pemain] sudah melihat peluang besar ini,” kata Edward.

Sekedar catatan, firma riset dan konsultasi independen, Structure Research memproyeksikan pasar pangkalan data akan terus bertumbuh dengan CAGR sebesar 22,3 persen pada lima tahun ke depan.

Indonesia dinilai berpotensi menjadi pasar cloud dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) naik 22,3 persen per tahun selama lima tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper