Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jika Jaringan 3G Dimatikan, Masyarakat Siap Migrasi ke 4G?

ICT Institute menilai operator seluler harus memastikan seluruh pelanggannya sudah bermigrasi ke jaringan 4G sebelum mematikan jaringan 3G
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 18 November 2020  |  16:34 WIB
Petugas teknisi memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6). - Antara/Yulius Satria Wijaya
Petugas teknisi memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA – Operator seluler perlu memastikan bahwa para pelanggannya telah beralih ke 4G sebelum memutukan untuk memadamkan teknologi generasi ketiga (3G).

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan Teknologi BTS berhubungan dengan kartu SIM yang digunakan oleh pelanggan operator. Banyak pelanggan yang belum bermigrasi ke 4G dan masih menggunakan kartu sim dengan layanan 3G.

Pemangkasan BTS 3G tanpa sepengetahuan pelanggan, akan merugikan pelanggan karena mereka tidak bisa menggunakan layanan internet. Adapun bagi operator, berpotensi kehilangan pelanggan karena terputusnya layanan.

“Pelanggan pasti tidak bisa menggunakan layanan 4G karena teknologi kartu SIM-nya berbeda.” kata Heru kepada Bisnis.com, Rabu (18/11/2020).

Oleh sebab, kata Heru, sebelum memadamkan teknologi 3G operator harus memastikan kesiapan pasar, pelanggan dan ekosistem bahwa mereka semua sudah siap beralih ke 4G. Operator harus menyiapkan jaringan layanan alternatif sehingga ketika dipadamkan layanan pelanggan tetap dapat berjalan.

Adapun dari sisi cakupan layanan, menurut Heru, tergantung dari penggunaan spektrum frekuensi. Seandainya frekuensi yang digunakan untuk 3G merupakan frekuensi rendah maka cakupannya akan luas, begitupun sebaliknya.

“Frekuensi sekarangkan 3G di 2,1 GHz, di 900 MHz seperti juga ada, yang di 900 MHz lebih luas,” kata Heru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi 4g
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top