Chipset Exynos Samsung Mulai Saingi Qualcomm Snapdragon

Rezha Hadyan
Selasa, 17 November 2020 | 10:01 WIB
Samsung
Samsung
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai upaya melawan dominasi Qualcomm di segmen menengah, Samsung merilis chipset terbarunya Exynos 1080 dengan fabrikasi 5nm.

Melansir Phone Arena pada Selasa (17/11/2020), hasil tes atau benchmark yang bocor menunjukkan bahwa Exynos 1080 kemampuannya unggul dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 865.

Tentunya hasil tersebut menimbulkan pertanyaan baru. Apakah chipset terbaru Samsung untuk kelas atas atau flagship, Exynos 2100 mampu mengungguli Qualcomm Snapdragon 875?

Berdasarkan bocoran yang diungkapkan oleh Ice Universe, Exynos 2100 kemungkinan besar mampu mengalahkan Qualcomm Snapdragon 875. Pasalnya, keduanya dikabarkan akan memiliki fabrikasi serta konfigurasi inti yang sama.

Keduanya kemungkinan akan menampilkan satu inti Arm Cortex-X-1, tiga inti Cortex-A78 dan empat inti Cortex-A55. Oleh karena itu, sangat mungkin Exynos 2100 mampu mengalahkan atau setidaknya setara dengan Qualcomm Snapdragon 875.

Seperti diketahui, biasanya Samsung menggunakan chipset Qualcomm untuk ponsel mereka yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS) dan China untuk mendongkrak performa. Sementara pasar lainnya, termasuk Eropa dan Timur Tengah mendapatkan versi chipset Exynos.

Ponsel yang ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon biasanya dianggap lebih kuat dibandingkan Exynos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper