SpaceX dan NASA Luncurkan 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 November 2020 | 09:43 WIB
4 Astronot yang terbang ke stasiun luar angkasa
4 Astronot yang terbang ke stasiun luar angkasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - SpaceX dan NASA meluncurkan empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) 15 November 2020.

Ke empat astronot itu yakni Astronot NASA Michael Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker, serta astronot Soichi Noguchi dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Mereka meluncur pada pukul 19.27 EST pada 15 November. Misi tersebut menandai misi "operasional" pertama SpaceX untuk Crew Dragon, kabin yang akan membawa para astronot, dari tanah AS.

Sebelumnya, peluncuran itu dijadwalkan pada Sabtu, 14 November, tetapi kondisi cuaca yang tidak menguntungkan di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida tertunda selama 24 jam.

"NASA dan SpaceX sekarang menargetkan 19:27 EST Minggu, 15 November, untuk lepas landas misi SpaceX Crew-1 untuk menerbangkan astronot dari Launch Complex 39A di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida ke Internasional. Stasiun ruang angkasa," ujar NASA dikutip dari Express.

"Tim memindahkan peluncuran satu hari karena angin darat dan memungkinkan pemulihan booster tahap pertama, yang rencananya akan digunakan kembali untuk meluncurkan misi Crew-2 tahun depan. Booster diharapkan mendarat di kapal pemulihan sekitar sembilan menit setelah peluncuran," tambah pernyataan itu lagi.

"NASA akan memberikan laporan berkelanjutan lebih dari 30 jam dari mulai aktivitas prapeluncuran, peluncuran, docking, dan kedatangan untuk penerbangan rotasi awak pertama dari pesawat luar angkasa SpaceX Crew Dragon dengan roket Falcon 9 setelah sertifikasi oleh NASA untuk penerbangan reguler ke stasiun luar angkasa. sebagai bagian dari Program Kru Komersial badan tersebut.

"The Crew Dragon dijadwalkan berlabuh ke stasiun luar angkasa sekitar pukul 11 malam Senin, 16 November," papar NASA.

Crew-1 adalah penerbangan rotasi awak pertama dari pesawat ruang angkasa komersial AS dengan astronot ke stasiun luar angkasa setelah sertifikasi peringkat manusia resmi sistem pesawat ruang angkasa.

Sebagai bagian dari Program Kru Komersial, astronot NASA Mike Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan astronot JAXA Soichi Noguchi akan terbang dengan Dragon dalam misi operasional enam bulan pertamanya ke ISS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper