IndiHome Jadi Favorit Indonesia Kalahkan First Media Versi APJII

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 10 November 2020 | 18:24 WIB
Layanan triple play/Ilustrasi-tvnerd.com
Layanan triple play/Ilustrasi-tvnerd.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indihome berhasil menjadi operator internet tetap yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, mengungguli First Media, pada kuartal II/2020 berdasarkan hasil survei yang dilakukan Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan selain kedua operator tersebut, nama lain yang juga menjadi favorit adalah CBN dan Biznet. Berdasakan hasil survei, masyarakat belum banyak yang berlangganan internet di rumah, hanya 14,5 persen responden yang mengaku berlangganan internet tetap, sedangkan sisanya 75,5 persen tidak berlangganan.

"Dari sisi provider yang paling banyak digunakan masyarakat, Indihome, First Media, CBN, dan Biznet menjadi operator internet tetap terfavorit responden, masing-masing sebesar 9,8 persen, 1,2 persen, 0,5 persen dan 0,4 persen," kata Jamal dalam konferensi virtual, Selasa (10/11/2020).

Dia menuturkan mayoritas masyarakat menginginkan kecepatan internet 10-20 Mbps. Sementara, biaya pengeluaran internet rumah rata-rata Rp300.000-400.000 per bulan.

Sekadar catatan, metode survei APJII menggunakan teknik sampling seperti probability sampling, multistage random sampling, dan varian area random sampling.

Jumlah sampel mencapai 7.000 responden dengan margin of error 1,27 persen dan level of confidence 95 persen. Wawancara dengan bantuan kuesioner dilakukan di kuartal II, pada 2-25 Juni 2020.

Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan 49 persen berjenis laki-laki dan 51 persen perempuan. Tingkat pendidikan responden mulai SMP/sederajat dan memiliki pengeluaran kurang dari Rp 1,8 juta per bulan.

Survei juga menyebutkan aplikasi belajar menjadi konten yang paling sering ditonton oleh masyarakat Indonesia pada kuartal II/2020. Jamal mengatakan mayoritas pengguna mengakses internet lebih dari 8 jam dalam satu hari selama pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper