Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Duh! Pengguna Android Jenis Ini Bakal Tak Bisa Akses Internet

Jutaan pengguna Android diminta untuk segera membarui sistem operasionya untuk tetap bisa mengakses internet.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 09 November 2020  |  10:47 WIB
Duh! Pengguna Android Jenis Ini Bakal Tak Bisa Akses Internet
Ilustrasi aplikasi mengenai batik, dari edukasi hingga game, di perangkat iOS dan Android. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas sertifikat Let’s Encrypt memperingatkan bagi pengguna ponsel pintar yang menjalankan versi Android 7.1.1 Nougat untuk segera memperbaharui sistem operasinya ke android terbaru.

Dikutip melalui Engadget, Senin (9/11/2020), Let's Encrypt menuliskan bahwa pengguna Android 7.1.1 yang diluncurkan pada 2016 ini tidak bisa mengakses situs yang aman, karena belum mendukung sertifikasi website aman. Adapun pengguna baru bisa kembali mengakses website aman tersebut setelah fungsi default untuk sertifikat ini diaktifkan pada 11 Januari 2021.

Perusahaan Android pun akan menghentikan sepenuhnya kemitraan penandatanganan silang pada 1 September 2021, sehingga menunggu fungsi tersebut tersedia, solusi bagi pengguna adalah menginstal Mozilla Firefox dan menggunakan certificate store sendiri. Namun, solusi parsial ini tidak dapat membantu dengan fungsionalitas di luar browser.

Hingga saat ini, Let's Encrypt mencatat bahwa terdapat 33,8 persen pengguna Android di Google Play Store menjalankan sistem operasi lebih lama dari Android Nougat. Adapun, saat ini ada lebih dari 2,5 miliar perangkat Android di pasaran.

Pada tahun-tahun sebelumnya tak jarang vendor Android menawarkan pembaruan yang relatif sedikit dan beberapa ponsel pintar budget atau ponsel murah yang terjebak dalam sistem operasi (OS) yang terpasang di awalnya.

Samsung dan pembuat Android lainnya berkomitmen buat pembaruan OS untuk tiga tahun. Namun, hal itu tidak akan mengubah kenyataan bagi pengguna Android lama, dan mungkin hanya ada sedikit cara lain jika kalian tidak dapat atau tidak ingin menggunakan Firefox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi android
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top