Cara Setting WhatsApp Agar HP Tak Lemot, Aktifkan Fitur Ini

Rio Sandy Pradana
Rabu, 4 November 2020 | 09:46 WIB
Ilustrasi WhatsApp./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi WhatsApp./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para pengguna WhatsApp pasti banyak yang mengeluh ponsel pintarnya menjadi lambat atau lemot karena memori penyimpanan yang penuh.

WhatsApp melalui akun Twitter resmi yang dikutip, Rabu (4/11/2020), memperkenalkan fitur baru yang bisa membuat memori penyimpanan ponsel lebih lega. Memori penuh tersebut biasanya disebabkan karena pengguna jarang menghapus file percakapan, foto, gambar/meme, video, hingga rekaman suara di WhatsApp.

Padahal beberapa file tersebut cukup memakan memori apabila tidak rajin untuk dihapus. Namun, kebanyakan pengguna enggan 'membersihkannya' dengan alasan tidak punya banyak waktu.

Memang, menghapus file yang tidak perlu tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat. Belum lagi kalau pengguna tergabung ke dalam beberapa WhatsApp Group yang aktif.

WhatsApp mengklaim telah mendengarkan keluhan para penggunanya tersebut. Mereka meluncurkan fitur baru yang bisa digunakan untuk mengelola memori penyimpanan dan menghapus file percakapan, foto, gambar/meme, video, hingga rekaman suara secara sekaligus.

"Kami telah mempermudah peninjauan, menghapus item secara massal, dan mengosongkan ruang. Alat manajemen penyimpanan baru ini dapat ditemukan di Settings > Storage and Data > Manage Storage," cuit WhatsApp.

Selain itu, mereka juga meluncurkan fitur baru untuk membisukan percakapan akun atau grup selamanya. Sebelumnya, fitur serupa hanya mampu melakukan tugasnya dengan maksimal waktu 1 tahun.

"Sekarang Anda dapat membisukan obrolan selamanya," tulis WhatsApp dalam akun Twitter resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper