Indosat dan Huawei Bangun Jaringan Transport 5G Ready Berbasis SRv6

Akbar Evandio
Minggu, 1 November 2020 | 16:43 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Operator selular, Indosat Ooredoo mengumumkan kerja sama dengan Huawei Indonesia untuk membangun jaringan transport yang didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6).

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny mengatakan bahwa implementasi teknologi tersebut menjadi yang pertama hadir di Asia Pasifik, yaitu di area utama Jabodetabek, Surabaya, dan wilayah Jawa Timur lainnya serta Bali.

“Ini akan menjadi implementasi pertama teknologi tersebut secara komersial di Asia Pacifik. Hal ini memungkinkan tersedianya jaringan yang simple, scalable, agile, dan andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen retail dan bisnis,” ujarnya lewat rilisnya, Minggu (1/11/2020)

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler serta munculnya teknologi baru seperti Cloud Computing dan Network Slicing, mengharuskan perusahaan terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan secara cepat.

Dia mengatakan bahwa teknologi baru ini, bersama dengan perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo, akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan metode lebih otomatis.

Selanjutnya, dia menyebutkan bahwa dalam mempersiapkan layanan masa depan ini, perusahaan telah melalui berbagai tahapan transformasi digital. Salah satunya dengan melakukan analisis mendalam terhadap jaringan yang ada dan sasaran pengembangan jaringan jangka panjang.

“Indosat Ooredoo memilih untuk menerapkan solusi IP SRv6 bersama Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 yang memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latency,” ujarnya.

Sementara itu, Andy Ma, CEO Huawei Indonesia Carrier Business menyatakan bahwa perusahaan juga telah meluncurkan solusi SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G.

“Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia. Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerjasama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo,” kata Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper