Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indosat dan Huawei Bangun Jaringan Transport 5G Ready Berbasis SRv6

Meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler mengharuskan perusahaan terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan secara cepat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 November 2020  |  16:43 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G. - REUTERS/Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G. - REUTERS/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA – Operator selular, Indosat Ooredoo mengumumkan kerja sama dengan Huawei Indonesia untuk membangun jaringan transport yang didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6).

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny mengatakan bahwa implementasi teknologi tersebut menjadi yang pertama hadir di Asia Pasifik, yaitu di area utama Jabodetabek, Surabaya, dan wilayah Jawa Timur lainnya serta Bali.

“Ini akan menjadi implementasi pertama teknologi tersebut secara komersial di Asia Pacifik. Hal ini memungkinkan tersedianya jaringan yang simple, scalable, agile, dan andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen retail dan bisnis,” ujarnya lewat rilisnya, Minggu (1/11/2020)

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler serta munculnya teknologi baru seperti Cloud Computing dan Network Slicing, mengharuskan perusahaan terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan secara cepat.

Dia mengatakan bahwa teknologi baru ini, bersama dengan perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo, akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan metode lebih otomatis.

Selanjutnya, dia menyebutkan bahwa dalam mempersiapkan layanan masa depan ini, perusahaan telah melalui berbagai tahapan transformasi digital. Salah satunya dengan melakukan analisis mendalam terhadap jaringan yang ada dan sasaran pengembangan jaringan jangka panjang.

“Indosat Ooredoo memilih untuk menerapkan solusi IP SRv6 bersama Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 yang memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latency,” ujarnya.

Sementara itu, Andy Ma, CEO Huawei Indonesia Carrier Business menyatakan bahwa perusahaan juga telah meluncurkan solusi SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G.

“Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia. Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerjasama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo,” kata Andy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing huawei indosat ooredoo
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top