Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

eFootball PES 2021 Mobile Akhirnya Dirilis, Apa Keunggulannya?

eFootball PES 2021 Mobile hadir dengan tampilan visual yang jauh lebih realistis dibandingkan dengan pendahulunya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 31 Oktober 2020  |  13:34 WIB
eFootball PES 2021 Mobile Akhirnya Dirilis, Apa Keunggulannya?
eFootball PES 2021 Mobile Akhirnya Dirilis, Apa Keunggulannya?

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang menggemari sepakbola tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pro Evolution Soccer (PES). Seri gim sepakbola yang dirilis pertama kali pada Oktober 1995 dengan nama Winning Eleven itu hadir dalam berbagai platform, mulai dari konsol gim hingga ponsel.

Beberapa waktu lalu, Konami selaku penerbit PES meluncurkan eFootball PES 2021 Mobile. Sesuai dengan namanya tentu seri terbaru dari PES itu dihadirkan khusus untuk pengguna ponsel berbasis Android maupun iOS.

Berbeda dengan eFootball PES 2021 yang ditawarkan untuk pengguna PlayStation 4, Xbox One, dan personal computer (PC), eFootball PES 2021 Mobile dapat diunduh secara cuma-cuma di Google Play Store dan Apple AppStore. Walaupun demikian, pengalaman bermain yang dihadirkan oleh eFootball PES 2021 Mobile tak memiliki perbedaan signifikan.

eFootball PES 2021 Mobile hadir dengan tampilan visual yang jauh lebih realistis dibandingkan dengan pendahulunya, yakni eFootball PES 2020 Mobile. Pemain yang tampil dalam gim tersebut wujudnya nyaris menyerupai sosok aslinya di dunia nyata.

Gim tersebut juga menghadirkan suasana stadion mirip dengan aslinya lengkap dengan kemeriahan suporter yang meneriakkan yel-yel dukungannya. Anda bisa merasakan bagaimana suasana di stadion-stadion markas klub-klub besar dunia seperti Old Trafford, Anfield, Allianz Arena, Camp Nou, Emirates Stadium dan masih banyak lagi.

Tentunya, hal tersebut diikuti dengan hadirnya klub-klub terbaik dunia seperti Manchester United, Liverpool, FC Barcelona, Juventus, Bayern Munchen dan lain sebagainya yang dapat dipilih oleh pemain eFootball PES 2021 Mobile.

Perlu diketahui bahwa Konami belakangan ini cenderung agresif menjajaki kerjasama ekslusif dengan berbagai klub sepakbola papan atas dunia untuk seri gim andalannya itu. Upaya tersebut tentunya dilakukan sebagai upaya menjegal FIFA 21 yang diterbitkan oleh EA Sports.

Pemain FIFA 21 harus gigit jari lantaran beberapa tim kesayangannya tidak muncul dalam gim tersebut. Sebagai contoh, Juventus yang sudah menandatangani kontrak ekslusif dengan Konami harus berganti nama menjadi Piemonte Carlo dalam FIFA 21.

Kemudian, terkait dengan tombol-tombol yang digunakan untuk mengontrol permainan, tidak ada perbedaan berarti antara eFootball PES 2021 Mobile dengan pendahulunya. Gim tersebut masih menggunakan empat tombol kanan yang terdiri dari pass, through, shoot, dan dash dikombinasikan dengan analog virtual.

Demikian halnya dengan tampilan papan skor, waktu permainan, dan indikator pergerakan pemain beserta bola, masih sama seperti eFootball PES 2020 Mobile.

efootball

Tak ada gading yang tak retak, eFootball PES 2021 Mobile masih jauh dari kata sempurna. Masih ada beberapa hal yang membuat gim ini tak bisa dikatakan sepenuhnya realistis. Mulai dari hilangnya logo sponsor di jersey beberapa tim lantaran terganjal lisensi, tampilan menu yang tidak ada penyegaran dari pendahulunya, dan segelintir pemain yang wajahnya berbeda dengan aslinya.

Selain itu, kapasitas penyimpanan yang diminta oleh gim ini tergolong besar untuk ukuran gim ponsel pintar. Gim ini membutuhkan ruang penyimpanan 1,7 GB. Tentunya hal tersebut menjadi persoalan bagi ponsel keluaran lama atau ponsel dengan kapasitas penyimpanan terbatas.

LIVE UPDATE DAN ICONIC MOMENT SERIES

eFootball PES 2021 Mobile hadir dengan fitur Live Update yang membuat permainan menjadi makin realistis. Data di gim tersebut akan mendapatkan pembaruan rutin seiring dengan jalannya pertandingan di liga-liga sepakbola utama eropa dan lainnya di seluruh dunia.  Melalui fitur tersebut, data tim, pemain, dan manajer juga ikut diperbarui oleh Konami.

Dengan demikian, tidak ada lagi keluhan terkait dengan ketidakcocokan antara pemain dengan klub tempatnya bernaung setelah bursa transfer musiman digelar. Sebelumnya, untuk mengatasi permasalahan tersebut pemain menggunakan patch atau mod dari pihak ketiga yang instalasinya tak bisa dibilang mudah untuk semua orang.

Kemudian ada pula fitur Iconic Moment Series yang sudah diperbarui. Lewat fitur tersebut pemain dapat merasakan momen-momen dalam perjalanan karier bintang sepakbola dunia. Tidak hanya bintang yang masih aktif, bintang-bintang legendaris yang sudah lama gantung sepatu seperti Diego Maradona, David Beckham, Fernando Torres, Gabriel Batistuta, dan Karl Rummenigge juga ikut dihadirkan.

Terakhir yang dinanti-nanti oleh penggemar berat seri gim ini adalah peningkatan Master League. Master League di eFootball PES 2021 Mobile sudah jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya maupun pesaingnya FIFA Soccer dengan Carreer Mode-nya.

Masalah pengelolaan transfer pemain pertandingan ujicoba, dan peningkatan kemampuan pemain yang menjadi sorotan di eFootball PES 2020 Mobile berhasil diatasi dengan baik. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu faktor yang membuat gim tersebut mendapatkan penilaian positif dari segi pengalaman bermain.

Patut diingat, untuk menikmati pengalaman bermain yang maksimal perlu dukungan ponsel pintar dengan spesifikasi mumpuni. Dibutuhkan ponsel berkapasitas RAM minimal 4GB untuk memainkan eFootball PES 2021 Mobile dengan lancar.

Ketika Bisnis menguji coba gim tersebut di ponsel Samsung Galaxy J7 Pro dengan RAM 3GB pada beberapa kesempatan muncul lag atau tersendat-sendat di tengah permainan. Namun, ketika diuji coba menggunakan ponsel Samsung Galaxy A30s dengan RAM 4GB dan Samsung Galaxy A8+ dengan RAM 8GB permainan berjalan dengan lancar tanpa ada lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola game
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top