Sampah Luar Angkasa Rusia dan China Berisiko Tinggi Bertabrakan

Ika Fatma Ramadhansari
Jumat, 16 Oktober 2020 | 20:32 WIB
Ilustrasi satelit Jason-3/NASA
Ilustrasi satelit Jason-3/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sampah ruang angkasa yang dibuang oleh Rusia dan China berada pada "risiko sangat tinggi" bertabrakan. Pengamat khawatir puing-puing ini menyebar ke seluruh atmosfer Bumi dilansir dari Express.co.uk pada Jumat (16/10/2020).

Perusahaan pelacak satelit LeoLabs membunyikan alarm setelah mereka menemukan satelit Rusia yang mati dan roket China yang dibuang memiliki peluang 10 persen untuk bertabrakan esok pagi.

Jalur yang diprediksi dari risiko tabrakan dua benda mati adalah Antartika.

Tabrakan bisa menyebabkan bencana untuk eksplorasi ruang angkasa di masa depan, karena menciptakan puing awan besat di atmosfer.

Sebelumnya para ahli telah memperingatkan terlalu banyak satelit mati di orbit bumi.

Data LeoLabs menunjukkan kemungkinan besar satelit akan bertabrakan pada jarak 8 hingga 43 meter pada 01.56 pagi BST atau sama dengan 07.56 WIB.

Pada Rabu LeoLabs juga mengatakan bahwa estimasi jarak terlewat untuk objek bisa jadi hanya 12 meter, karena tidak memungkinkan untuk menghitung faktor yang mempengaruhi jalur penerbangan benda tersebut dan kemungkinan tabrakan dapat berubah secara drastis.

"Angka ini belum berubah secara substansial dan tetap pada kejadian risiko tinggi," ungkap Mary Devincenzo, juru bicara LeoLabs.

Saat ini ilmuwan memperkirakan ada sekitar 170 juta keping sampah luar angkasa yang masih mengorbit, dengan hanya 22.000 yang terlacak oleh para ahli.

Pada bulan September pemerintah Inggris memberi tujuh perusahaan lebih dari satu juta euro setara 17, 27 miliar rupiah untuk menangani puing-puing ruang angkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper