Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Paques Luncurkan Layanan Big Data Analitik Berbasis Cloud

Mengolah big data kini semakin mudah, bisa di mana saja dan kapanpun. Hal ini yang ditawarkan Paques.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  13:52 WIB
Analisis berbasis big data kian popuer.  - Bisnis
Analisis berbasis big data kian popuer. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Paques, salah satu penyedia solusi Big Data analitik buatan Indonesia meluncurkan Paques Cloud Connect, yalni layanan SaaS (Software as a Service) terbaru yang mengedepankan Big Data analitik berbasis cloud.

Paques sendiri selama ini dikenal sebagai Smart Data Lake atau penyedia solusi Big Data berskala enterprise yang layanannya telah digunakan berbagai perusahaan dan organisasi seperti Bank Mandiri, Telkom, Bursa Efek Indonesia dan Telkomsel.

CEO PT Informatika Solusi Bisnis (Paques) Benni Adham menyatakan bahwa melalui Paques Cloud Connect, pihaknya ingin mentransformasi cara konsumen memilih utilisasi analitik Big Data secara on-cloud maupun on-premise dengan kemampuan analitik dan pengolahan data terbaik.

"Paques Cloud Connect dirancang untuk memudahkan analisis data bagi siapa saja," ujar Benni yang juga Product Creator Paques tersebut, seperti dikutip, Senin (12/10/2020).

Menurutnya semua proses interaksi dengan pelanggan atau pengguna bisa menghasilkan data dan banyak persoalan dan pertanyaan bisnis yang bisa dipecahkan oleh data tersebut.

Namun, mengolah data-data ini mendatangkan tantangan besar, biaya dan sumberdaya yang dibutuhkan sangat banyak. Ini malah bisa menjadikan analisa data sebagai problem, bukan solusi.

Megawaty Khie, Country Director Google Indonesia menyatakan bahwa pihaknya ingin memudahkan integrasi data ke dalam cloud sehingga kolaborasi data dapat dilakukan dengan efektif untuk menarik insight dari data yang dikumpulkan secara kolektif tersebut.

MDI Ventures yang diwakili Donald Wihardja juga menyatakan bahwa ekosistem perusahaan teknologi saat ini, terutama Indonesia sangat membutuhkan perusahaan seperti Paques untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri, khususnya berkaitan dengan pemanfaatan teknologi Big Data.

“Kami percaya yang membedakan startup di Indonesia dengan kompetitor offline yang punya pasar lebih besar adalah pemanfaatan data untuk proses pengumpulan feedback pasar yang lebih efisien," ujarnya.

Namun, lanjut dia, pemanfaatan data yang bisa diibaratkan sebagai minyak itu hanya bisa efektif bila mempunyai mesin yang bisa membantu mengolahnya.

Menurutnya, layanan analitik Big Data ini mampu membantu perusahaan memproses, menganalisa, dan melakukan visualisasi data dalam satu platform. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan beberapa software terpisah yang membuang waktu dan sumberdaya.

"Kemampuan ini menjadikan Paques Cloud Connect satu-satunya layanan analitik Big Data satu atap pertama di dunia," ujarnya.

Menurutnya teknologi tersebut bisa memudahkan perusahaan untuk menemukan dan menunjukkan pola pemasaran, penjualan, serta kebutuhan pelanggan yang lebih akurat dan cepat.

Paques Cloud Connect menggabungkan kekuatan pemrosesan data berkecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna melakukan pengolahan data di manapun, kapanpun, oleh siapapun tanpa perlu memiliki skill programming atau teknikal yang kompleks.

Adapun, salah satu pengguna Paques Cloud Connect adalah platform kesehatan HiSehat. Melalui agregasi Big Data informasi kesehatan, HiSehat mampu melakukan monitoring dan menganalisa kondisi karyawan-karyawan perusahaan pengguna HiSehat berdasarkan hasil medical check up, sehingga mereka bisa mengatur strategi dan memanajemen sumberdaya yang dimiliki serta biaya yang dikeluarkan.

“Kami di HiSehat merasa sangat terbantu dengan teknologi Paques Cloud Connect. Hasil analitik yang mendetail membuat kami bisa memberikan rekomendasi strategi perencanaan kesehatan yang lebih akurat kepada para pengguna kami”, ujar Andre.

CEO Paques Benni Adham menambahkan, Paques Cloud Connect bisa digunakan untuk semua skala bisnis, dari startup, UMKM, hingga korporasi.

Menurut Benni, Paques Cloud Connect bertujuan untuk mendobrak stigma bahwa Big Data hanya dapat digunakan oleh bisnis berskala besar.

“Kami sadar bahwa kunci pengembangan digital di Indonesia tidak hanya di korporasi besar, melainkan juga di perusahaan-perusahaan berskala kecil dan menengah," ujarnya.

Maka dari itu, model bisnis Paques Cloud Connect dirancang semudah mungkin untuk bisnis dan startup dengan ukuran sekecil apapun yang membutuhkan software pengolahan data efektif dan terjangkau.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

big data
Editor : Kahfi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top