Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nelayan Tangkap Hiu Albino Super Langka

Hiu berjenis tope albino itu memiliki panjang kurang lebih 92 cm.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  10:45 WIB
Hiu albino
Hiu albino

Bisnis.com, JAKARTA - Seekor hiu albino yang sangat langka ditemukan seorang warga Inggris Jason Gilleispie yang tengah memancing dekat pulau Isle Of Wight.

Hiu berjenis tope albino itu memiliki panjang kurang lebih 92 cm.

"Saya telah memancing selama 30 tahun dan saya belum pernah melihat yang seperti ini," ungkap Gilleispie, 50 tahun dilansir foxnews.com Senin (5/10/2020).

Hiu berjenis tope yang ditemukan ini memiliki kondisi yang disebut leucism yang menyebabkan kehilangan pigmentasi. Leucism terjadi apabila beberapa atau semua sel pigmen gagal berkembang pada saat diferensiasi, sehingga sebagian atau seluruh tubuh gagal menghasilkan pigmen.

Gilleispie mengungkapkan pernah mendengar bahwa ada hiu albino tetapi belum pernah melihatnya.

"Saya pernah mendengar seseorang di Whales pernah menangkap hiu albino tahun lalu, tapi kecil kurang lebih seberat 2,7 kg. Saya pikir jika mereka (red. hiu) kehilangan warna kulitnya akan kesulitan untuk bertahan hidup karena lebih sulit untuk berkamuflase sehingga tidak efektif untuk berburu dan akan menjadi mangsa untuk predator lainnya," ungkap Gilleispie.

Gilleispie bercerita biasanya dia akan membiarkan hiu berjenis tope jika melihatnya karena tahu bahwa mereka hewan langka yang dilindungi. Namun ketika dia melihat hiu berjenis tope nan albino ini, Gilleispie segera memanggil temannya meminta jaring untuk menangkap hiu albino ini.

Menurutnya dia perlu mendokumentasikan penemuan ini dan tak lama setelah berfoto, dia melepas hiu itu kembali ke lautan.

Menurut MarineBio.org hiu berjenis tope ini pertama kali ditemukan tahun 1758 bersifat tidak berbahaya bagi manusia, sering ditemukan dekat landas benua. Mereka tersebar di berbagai penjuru dunia.

Hiu berjenis tope ini bisa hidup hingga 55 tahun dan diburu untuk berbagai macam hal seperti daging, hati, minyak, dan siripnya. Menurut iucnredlist.org hiu berjenis tope ini adalah hewan yang terancam punah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hiu albino
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top