Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Ini, Bukalapak Siap Fasilitasi Digitalisasi UMKM

Bukalapak mengaku menjadikan pemberdayaan UMKM melalui platform digital sebagai prioritas dan sejalan dengan visi perusahaan pada tahun ini.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 11 September 2020  |  18:56 WIB
Logo Bukalapak
Logo Bukalapak

Bisnis.com, JAKARTA – Bukalapak, platform perdagangan elektronik (e-commerce), menyatakan prioritas perusahaan tahun ini adalah pada pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan prioritas tersebut sejalan dengan misi perusahaan untuk memberdayakan UMKM dengan teknologi.

“Misi [kami] dari awal adalah memberdayakan UMKM dengan teknologi. Kami tidak bisa selalu berharap bisnis fokus ke pertumbuhan semata, [karena] solusi itu tidak menghasilkan nilai tambah yang berkelanjutan,” katanya saat diskusi virtual, Jumat (11/9/2020).

Dia mengatakan saat ini pun perusahaan menghimpun 2.000 pegawai dari Tanah Air. Katanya, perusahaan ingin menjadi salah satu wadah yang bisa menyalurkan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Pegawai di Bukalapak, 99 persen lebih orang Indonesia, benar-benar lokal banget, pemegang saham juga orang Indonesia termasuk founder,” katanya.

Lebih lanjut, Rachmat mengatakan saat ini mitra Bukalapak telah terbagi di seluruh pelosok negeri.

Hal ini untuk menanggapi tingginya kebutuhan pokok selama pandemi. Rachmat mengatakan persusahaan memperluas jangkauan Bukamart ke 90 kota di seluruh Indonesia dan menggandeng toko luring.

“Mitra Bukalapak ada di Sumatera 550.000 mitra, kalimantan 128.000 mitra, Jawa hingga 4,5 juta mitra, dan Indonesia bagian Timur hingga 226.000,” katanya.

Selain itu, pada tahun ini, perusahaan secara aktif memberdayakan Mitra Bukalapak dengan meluncurkan produk-produk inklusi keuangan seperti Kirim Uang, Tabungan Emas, QRIS, dan pengisian e-money untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra.

Sementara itu, selama masa pandemi, dia menyebutkan pertumbuhan rata-rata produk virtual di Bukalapak mencapai lebih dari 60 persen dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp bukalapak
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top