Tahun Ini, Bukalapak Siap Fasilitasi Digitalisasi UMKM

Akbar Evandio
Jumat, 11 September 2020 | 18:56 WIB
Logo Bukalapak
Logo Bukalapak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bukalapak, platform perdagangan elektronik (e-commerce), menyatakan prioritas perusahaan tahun ini adalah pada pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan prioritas tersebut sejalan dengan misi perusahaan untuk memberdayakan UMKM dengan teknologi.

“Misi [kami] dari awal adalah memberdayakan UMKM dengan teknologi. Kami tidak bisa selalu berharap bisnis fokus ke pertumbuhan semata, [karena] solusi itu tidak menghasilkan nilai tambah yang berkelanjutan,” katanya saat diskusi virtual, Jumat (11/9/2020).

Dia mengatakan saat ini pun perusahaan menghimpun 2.000 pegawai dari Tanah Air. Katanya, perusahaan ingin menjadi salah satu wadah yang bisa menyalurkan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Pegawai di Bukalapak, 99 persen lebih orang Indonesia, benar-benar lokal banget, pemegang saham juga orang Indonesia termasuk founder,” katanya.

Lebih lanjut, Rachmat mengatakan saat ini mitra Bukalapak telah terbagi di seluruh pelosok negeri.

Hal ini untuk menanggapi tingginya kebutuhan pokok selama pandemi. Rachmat mengatakan persusahaan memperluas jangkauan Bukamart ke 90 kota di seluruh Indonesia dan menggandeng toko luring.

“Mitra Bukalapak ada di Sumatera 550.000 mitra, kalimantan 128.000 mitra, Jawa hingga 4,5 juta mitra, dan Indonesia bagian Timur hingga 226.000,” katanya.

Selain itu, pada tahun ini, perusahaan secara aktif memberdayakan Mitra Bukalapak dengan meluncurkan produk-produk inklusi keuangan seperti Kirim Uang, Tabungan Emas, QRIS, dan pengisian e-money untuk membantu meningkatkan pendapatan mitra.

Sementara itu, selama masa pandemi, dia menyebutkan pertumbuhan rata-rata produk virtual di Bukalapak mencapai lebih dari 60 persen dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper