Mau Bermain Gim dengan Aman? Simak Tips dari Kaspersky

Akbar Evandio
Sabtu, 5 September 2020 | 15:18 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan keamanan siber global, Kaspersky membagikan beberapa tip cara memilih gim secara aman. Pasalnya, pelaku kejahatan siber tengah berusaha mencuri data penting dengan menyusupkan malware ke menu unduh gim.

Kaspersky menemukan peluang kejahatan siber paling berpotensi adalah ketika pengguna mengunduh gim secara gratis lewat tautan ilegal. Adapun Kaspersky mengimbau agar pengguna PC atau laptop yang terbiasa berburu gim gratis format digital untuk berhati-hati.

Berikut ini beberapa tip dan trik untuk tetap mendapatkan gim gratis secara aman: 

Pertama, unduh gim hanya dari sumber terpercaya.

Kaspersky menyebutkan bahwa terdapat banyak pengembang dan platform distribusi gim yang menjual game versi orisinal. Adapun pelaku tersebut juga rutin dalam menggelar program pemberian gim gratis dengan promo diskon harga.

Misalnya, platform Steam seperti Uplay Ubisoft, Origin EA, Epic Games Store, GOG CD Projekt Red. Kaspersky menemukan bahwa beberapa kali pengembang tersebut menyediakan gim gratis untuk disimpan permanen.

Di sini biasanya pelaku kejahatan siber melakukan penipuan dengan membuat tautan atau situs palsu yang dipoleh menjadi berita unduh gim gratis yang sedang ramai dibicarakan. Anda bisa berhati-hati dengan memastikan alamat situs yang dibuka benar-benar situs resmi dari pengembang tadi. 

Kedua, menggunakan aplikasi resmi unduhan dari pengembang dan distributor gim.

Pelaku kejahatan siber bisa membuat tautan palsu dari tombol unduh, apabila anda berhasil ditipu lewat tampilan situs palsu yang benar-benar dibuat meyakinkan.

Makanya gamer diimbau tidak langsung mengklik setiap tombol unduh yang disajikan. Ada baiknya anda mengunduh atau memasang aplikasi client atau instaler resmi dari publisher game dibandingkan mencarinya dari browser secara acak. 

Ketiga, membaca ulasan dan cari pengembang atau distributor gim terpercaya.

Beberapa pelaku kejahatan siber akan menipu dengan mengaku sebagai pembuat gim tersebut sehingga usahakan untuk membaca atau mencari informasi mengenai pengembang atau distributor dari gim yang sedang terkenal, terutama untuk gim baru.

Membaca ulasan gim juga bisa kegiatan yang melindungi anda dari penipuan berkedok gim gratis. Pada 2018 pada Steam ada developer gim Abstractism yang ternyata melakukan penambangan cryptocurrency tanpa izin di perangkat gamer.

Keempat, jangan matikan proteksi atau perlindungan perangkat.

Anda harus segera membatalkan keinginan untuk mengunduh gim gratis apabila ada perintah untuk menonaktifkan perlindungan perangkat seperti antivirus yang sudah terpasang. 

Antivirus atau perlindungan sistem bawaan perangkat yang dinonaktifkan akan membuat aplikasi berbahaya atau malware menyusup ke dalam file gim yang diunduh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper