Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Siap-Siap, Redmi 9A Sudah Bisa Dibeli di Hari Kemerdekaan

Redmi 9A merupakan versi hemat dari Redmi 9 yang sudah lebih dahulu meluncur di Indonesia.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  06:46 WIB
Xiomi Redmi 9A sangat cocok bagi pekerja dan pelajar selama pandemi virus corona (Covid-19). - istimewaa
Xiomi Redmi 9A sangat cocok bagi pekerja dan pelajar selama pandemi virus corona (Covid-19). - istimewaa

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus acapkali dimanfaatkan oleh sejumlah pelaku usaha sebagai momentum untuk menghadirkan beragam promosi atau meluncurkan produk terbarunya. Tahun ini salah satu produk terbaru yang akan meluncur pada perayaan Hari Kemerdekaan adalah ponsel pintar Xiaomi Redmi 9A.

Ponsel pintar yang masuk dalam kategori low-end itu sebenarnya sudah diluncurkan pada Kamis (13/8), akan tetapi penjualan perdananya baru akan dimulai pada 17 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB di situs resmi Xiaomi (Mi.com), platform dagang el Lazada, dan jaringan toko resmi Xiaomi (Mi Store) di seluruh Indonesia.

Sebagai catatan, pada 17 Agustus 2020 Xiaomi juga akan melakukan penjualan perdana dua produk terbarunya, yakni penyuara telinga Mi True Wireless Stereo (TWS) Earphones 2 Basic dan repeater Mi W-Fi Range Extender Pro menggunakan saluran yang sama dengan Redmi 9A.

Redmi 9A merupakan versi hemat dari Redmi 9 yang sudah lebih dahulu meluncur di Tanah Air. Ponsel tersebut hadir dengan layar IPS LCD beresolusi HD dengan tingkat kecerahan hingga 400 nit. Di bagian atasnya terdapat poni berbentuk tetesan air untuk menempatkan kamera depan.

Layar Redmi 9A telah mengantongi sertifikat Low Blue Light dari TÜV Rheinland untuk kenyamanan mata menatap layar dalam jangka waktu lama.

Apabila Anda membutuhkan ponsel dengan spesifikasi kamera yang benar-benar mumpuni, tentunya tidak tepat menjadikan Redmi 9A sebagai pilihan. Pasalnya, ponsel ini hanya mengusung kamera belakang tunggal beresolusi 13MP. Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi 5MP.

Keduanya dapat digunakan untuk merekam video hingga resolusi Full HD dan didukung oleh kecerdasan buatan untuk menghasilkan jepretan yang maksimal. Selain itu, terdapat pula mode video kaleidoskop dan fitur palm shutter yang mana pengambilan gambar cukup dilakukan dengan melambaikan tangan saja.

Dapur pacu Redmi 9A mengandalkan chipset Mediatek Helio G25 dengan prosesor ARM Cortex-A53 2GHz dan kartu grafis IMG PowerVR GE8320 650 MHz. Menurut Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse, chipset dengan arsitektur 12nm itu memiliki performa dan efisiensi daya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan chipset lain di kelasnya.

“Redmi 9A adalah ponsel pertama yang menggunakan chipset Helio G25. Chipset ini memiliki efisiensi daya yang lebih baik dari chipset lain sekelasnya. dan kemampuan gaming serta fotografinya berkat MediaTek Hyper Engine,” katanya saat peluncuran Redmi 9A yang digelar secara virtual.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 2/3GB serta penyimpanan internal berkapasitas 32GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD berkapasitas maksimal 512GB. Tempat microSD berada di tempat yang terpisah dengan tempat kartu SIM kedua sehingga keduanya bisa digunakan secara bersamaan.

Redmi 9A sudah menggunakan tampilan antarmuka terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 12 yang berbasis Android 10. MIUI 12 hadir dengan sejumlah fitur unggulan termasuk diantaranya adalah multitasking dengan floating windows, casting untuk menghubungkan dengan layar kedua.

Baterai Redmi 9A punya kapasitas 5.000 mAh yang diklaim dapat digunakan untuk menelpon hingga 38 jam dari kondisi baterai penuh. Baterai tersebut didukung oleh kemampuan pengisian daya cepat 10W melalui konektor micro USB 2.0.

Alvin mengungkapkan pihaknya memutuskan untuk menggunakan konektor model lama itu di Redmi 9A untuk menekan harga. Menurutnya, di segmen low-end konsumen ponsel pintar di Indonesia benar-benar mempertimbangkan rasio harga dan spesifikasi sebelum memutuskan untuk membeli.

“[Penggunaan konektor] itu kami putuskan agar ponsel ini bisa benar-benar terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni. Karena spesifikasinya sendiri jauh melampaui ponsel-ponsel lain di kelasnya,” ungkapnya.

Ada tiga pilihan warna Redmi 9A yang bisa dipilih antara lain granite gray, peacock green, dan sky blue. Seperti lazimnya ponsel pintar low-end, ponsel tersebut menggunakan plastik yang teksturnya dibuat bergelombang agar nyaman digenggam.

Ponsel yang masih menyematkan konektor audio 3,5 mm ini bisa didapatkan dengan harga Rp1,199 juta untuk varian RAM 2 GB, sementara untuk varian RAM 3GB harganya hanya terpaut sedikit saja, yakni Rp1,299 juta.

Terdapat penawaran khusus bagi pengguna aktif Redmi 4A, 5A, dan 6A yang mana mereka berhak menebus Redmi 9A varian RAM 2GB hanya dengan membayar Rp999,999 saja.

“Terbatas bagi pengguna aktif Mi Account-nya terdaftar. Mereka akan mendapatkan voucer yang dapat digunakan untuk membeli Redmi 9A dengan harga khusus. Pemberian [voucer] dilakukan bertahap,” tutup Alvin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget HUT Kemerdekaan RI xiaomi xiomi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top